androidvodic.com

Peru vs Venezuela: Saatnya Kedua Tim Bangkit! - News

News - Peru diunggulkan bisa meraih kemenangan atas Venezuela di Stadion Elias Figuera di Valparaiso dalam lanjutan penyisihan grup C Copa Amerika, Jumat (19/6) besok pagi. Laga yang akan berlangsung pukul 06.30 WIB ini disiarkan langsung Kompas TV.

Kendati di laga pertama Venezuela membuat kejutan dengan menaklukkan Kolombia 1-0, namun keberuntungan itu sepertinya sulit untuk didapat lagi besok.

Saat melawan Kolombia yang diperkuat para pemain bintang seperti Radamel Falcao, James Rodriguez dll, La Vinotinto --julukan Venezuela-- terus berada dalam tekanan.

Mereka bermain defensif, dan mengandalkan serangan balik, serta berharap terjadinya kesalahan dari tim lawan. Ini terlihat dari penguasaan bola dari Kolombia yang mencapai 60%, sedang Venezuela hanya 40%. Namun akhirnya justru Venezuela yang mendapat keberuntungan lewat gol semata wayang Salomon Rondon.

Sementara, sekalipun kalah 1-2 dari Brasil, namun Peru tampil sangat apik. Secara teknis, mereka mampu mengimbangi Selecao, dan bahkan sempat unggul 1-0 lewat gol cepat Cueva, sebelum disamakan oleh Neymar dua menit kemudian. Baru pada perpanjangan waktu, menit 92, Brasil akhirnya unggul lewat gol Douglas Costa.

Dalam urutan rangking FIFA pun, Peru berada sepuluh setrip di atas Venezuela. Selain itu, statistik membuktikan tim berjuluk Los Garecas's ini lebih punya pengalaman di level internasional.

Jangan lupa, Peru adalah semifinalis Copa America 2011, dan mereka pun punya pemain berkualitas yang matang di Liga Eropa, seperti Juan Manuel Vargas, Claudio Pizarro, Jefferson Farfan, serta Paolo Guerrero.

Ada juga Bek Frankurt, Carlos Zambrano yang terbukti jadi benteng tangguh pasukan Inca. Dari empat keikut-sertaan di ajang Copa America, Peru pun punya tradisi untuk selalu lolos ke babak perempat final.

Kendati demikian, Venezuela sepertinya punya motivasi lebih saat menghadapi Peru. Ini terlihat dari dua pertemuan terakhir dimana mereka menang masing-masing 1-0 di ajang persahabatan pada April tahun lalu, dan 3-2 di kualifikasi Piala Dunia pada September 2013 lalu.

Karena itulah, Gelandang Peru, Juan Vargas tak ragu menyebut bahwa sejatinya Venezuela jauh lebih menyulitkan ketimbang melawan Brasil.

"Mereka tim yang liat, dan selalu punya motivasi lebih untuk mengalahkan kami. Karena itulah, saya menilai mereka lebih tangguh dari Brasil. Ini akan jadi salah satu partai tersulit. Kita harus siap bertarung dalam tempo tinggi sampai menit akhir pertandingan," ujar pemain bintang Fiorentina ini.

Vargas menyebut, laga ini pun akan jadi partai hidup mati bagi mereka. "Kita tak punya pilihan lagi selain menang. Jika kita gagal lagi meraih angka, maka harapan kita untuk bisa melaju semakin menipis. Kita harus menggebrak sejak awal, mencetak gol cepat, dan membuat mereka gugup hingga terus melakukan kesalahan sendiri," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat