androidvodic.com

Tim Liga 1 tak Menemui Hambatan di Laga Perdana - News

News, JAKARTA - Piala Indonesia telah kembali bergulir setelah vakum sejak 2012 silam. Di dua laga awalnya, dua kesebelasan yang berasal dari kasta terendah kompetisi sepak bola Indonesia atau Liga 3 harus menyerah dari tim Liga 1.

Pada partai pertama sekaligus pembuka genderang ajang yang tak kalah bergengsi dari liga itu, sang juara bertahan Piala Indonesia, Persibo Bojonegoro harus menerima kekalahan dari Madura United.

Melawan kontestan Liga 1 2018, Persibo Bojonegoro bukannya tanpa perlawanan.

Malah, mereka sempat menyulitkan Madura United dan memaksa laga harus dituntaskan lewat adu penalti.

Meski sempat memberikan perlawanan yang berarti bagi Sape Kerrab, nyatanya Persibo tetap mawas diri.

Laskar Angling Dharma itu mengakui bahwa Madura Unitedmemang bukanlah lawan yang sepadan bagi mereka.

Hal itu disampaikan langsung oleh sang pelatih, Jordi Kartiko.

"Kami menyadari bahwa lawan kami berasal dari level yang lebih tinggi. Lawan juga punya banyak pemain bintang, asing dan naturalisasi,” ucap Jordi.

Tak jauh berbeda dengan keadaan yang didera Persibo, satu kontestan Liga 3 yang juga berasal dari Jawa Timur, PSBK Blitarpun harus mengakui bahwa perbedaan level kompetisi memang memiliki andil yang besar.

PSBK Blitar tidak lebih baik dari apa yang telah dilakukan Persibo.

Mereka harus menyerah tanpa sempat memberikan perlawanan yang berarti bagi Arema FC.

Padahal notabene, Arema FC pun saat ini tidak sedang berada pada performa terbaiknya.

Tetapi nyatanya, juru kunci Liga 1 2018 sementara itu tetap dapat menunjukkan kelasnya sebagai kontestan kompetisi kasta tertinggi.

Dengan tegas dan tanpa sungkan, perbedaan kelas tersebut diakui pelatih PSBK Blitar, Agus Supriyanto sebagai sesuatu keniscayaan.

"Sejujurnya kami kalah kasta, tim ini kalah segalanya dari Arema FC, kami persiapan ini sebetulnya untuk Liga 3, dan kami mengakui keunggulan Arema FC," ujar Agus Supriyanto.

Sejatinya dalam sepak bola, apa pun dapat terjadi di atas lapangan selama 90 menit jalannya pertandingan.

Hitungan matematis dan di atas kertas tak bisa dijadikan acuan yang mutlak untuk menentukan siapa yang dapat memenangkan sebuah laga.

Namun, jika nama besar lawan dan perbedaan kasta sudah membayang-bayangi sebelum pertandingan di mulai, bisa saja hal itu akan jadi bumerang bagi tim yang datang dari kasta kompetisi yang lebih rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat