androidvodic.com

Timnas U16 Malaysia Gagal di Rumah Sendiri, Gaji Pelatih Tembus Rp 600 Juta Sebulan Dipertanyakan - News

News - Federasi sepak bola Malaysia, FAM, langsung memecat pelatih Timnas U16 Malaysia, Lim Teong Kim, setelah Malaysia tersingkir dari Piala Asia U16 2018.

Hasil ini begitu membuat rakyat Malaysia kecewa, mengingat mereka diuntungkan lantaran menjadi tuan rumah.

Tak hanya rakyat Malaysia yang kecewa, Menteri Belia (Pemuda) dan Sukan (Olah Raga) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, juga kecewa.

Bahkan, Syed Saddiq sampai mengungkit-ungkit besarnya gaji yang diterima oleh Lim Teong Kim.

Dikutip dari media Malaysia MStar, gaji yang diterima Lim Teong Kim cukup fantastis, yakni sekitar Rp 609 juta tiap bulannya.

Sebelum Kim dipecat, Syed Saddiq pun sempat menyebut, FAM perlu mempertimbangkan kembali besarnya gaji tersebut.

"Saya mengerti bahwa paket gaji dia setiap bulan mencapai 175 ribu Ringgit Malaysia (Rp 609 juta), yang dibiayai penuh oleh Kemenpora. Kontrak dia harus dilihat lagi," ujar Syed Syadiq.

Menurut Syed Syadiq, Teong Kim seharusnya bertanggungjawab terhadap kegagalan Malaysia, karena Kim sendiri yang menargetkan bisa membawa Malaysia ke Piala Dunia U17 di Peru pada 2019.

Pengorbanan Malaysia di peremajaan atlet sepak bola, termasuk Piala Asia U16 ini memang tak main-main.

Syed Saddiq menjelaskan, sebanyak Rp 278 miliar sudah dibelanjakan untuk progam NFDP (National Football Development Program) sejak 2014.

Meski demikian, pihaknya bertekad tidak akan menghentikan program NFDP meski pencapaian Timnas U16 Malaysia yang mengecewakan.

“Kita tidak boleh hentikan program NFDP, ini adalah program yang bagus. Memang program dasar sepak bola sudah disusun, tapi ini perlu direstrukturisasi," ujar Syed Syadiq.

"Setelah berpuluh juta ringgit dibelanjakan, sepak bola kita masih saja jalan tempat. Memang jelas perlu ada penstrukturan lagi, dan kita tidak boleh berkata kita dalam posisi selesai,” jelasnya.

Timnas U16 Malaysia mengalami 2 kekalahan selama Piala AFC U16.

Setelah dengan gagah menggunduli Tajikistan 6-2, Malaysia dihajar 2-4 oleh Thailand, dan 0-2 oleh Jepang. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat