androidvodic.com

AFC Club Licensing Cycle 2020, Cuma 6 Tim Liga 1 yang Dinyatakan Klub Profesional, Tak Ada Persija - News

News, JAKARTA – Federasi sepakbola Indonesia, PSSI telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle 2020.

Melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/2020) di Hotel Harris FX, Jakarta, PSSI memutuskan dari seluruh klub Liga 1 yang mengajukan hanya enam klub dinyatakan Granted lantaran memenuhi persyaratan sebagai klub profesional.

Keenam klub tersebut  yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Baca juga: Persebaya Kukuh Minta Liga 1 2020 Disetop, Sebut PSSI dan PT LIB Biarkan Klub Berdarah-darah

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat diwawancarai usai menghadiri acara launching jersey ketiga Timnas Indonesia di Garuda Store, GBK, Jakarta, Selasa (17/11/2020).
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi saat diwawancarai usai menghadiri acara launching jersey ketiga Timnas Indonesia di Garuda Store, GBK, Jakarta, Selasa (17/11/2020). (News/abdul majid)

Tak ada nama-nama dari tim besar seperti Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, atau PSM Makassar dari hasil yang dumumkan tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan ke depan PSSI akan menerapkan kepada setiap klub Liga 1 dan Liga 2 mendapatkan lisensi klub profesional.

Menurutnya, semakin banyak klub profesional akan menunjukkan majunya industri sepakbola di Indonesia.

Baca juga: Kata Pelatih Persib Bandung Soal SK PSSI Gaji Pemain Cuma 25 Persen: Tak Banyak yang Bertahan

“PSSI ke depan akan menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2,” kata Yunus Nusi seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” sambungnya.

Baca juga: PSSI Sebut Aturan Gaji Pemain di SK Terbaru Adalah Jalan Tengah di Tengah Mandeknya Liga 1 2020

Seperti diketahui, AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing.

Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat