androidvodic.com

Surat PSSI Dibalas FIFA, Naturalisasi Ezra Walian yang Mangkrak Akhirnya Ada Kejelasan - News

News - Kejelasan soal naturalisasi Ezra Walian yang mangkrak akhirnya mendapat kejelasan.

Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengaku terus berupaya memperjuangkan Ezra Walian agar bisa kembali berseragam Timnnas Indonesia.

Nasib status pemain Persib Bandung itu di timnas Indonesia memang masih menjadi polemik.

Ezra dilarang FIFA membela Timnas Indonesia dalam ajang internasional resmi.

Padahal, eks-pemain Ajax Amsterdam itu sudah menjalani proses naturalisasi sejak tahun 2017.

Baca juga: Ezra Walian Dilarang FIFA Bela Timnas Indonesia, Masuk Proyeksi Shin Tae-yong Buat SEA Games 2021

Hal ini disebabkan karena Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengirimkan memorandum kepada FIFA terkait status Ezra Walian.

Secercah harapan mulai muncul seusai PSSI belum lama ini menerima dokumen administrasi yakni akte lahir orangtua Ezra.

PSSI pun langsung menindaklanjuti dokumen tersebut melalui surat yang dikirim ke FIFA untuk proses alih status Ezra.

Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Ezra Harm Ruud Walian berpose usai proses pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5/2017) Ezra Walian resmi menjadi warga negara Indonesia dan dijadwalkan bergabung dengan timnas U-22 dalam training camp (TC) di Bali pada 22-28 Mei 2017. Super Ball/Feri Setiawan
Pemain naturalisasi timnas Indonesia, Ezra Harm Ruud Walian berpose usai proses pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Cawang, Jakarta Timur, Kamis (18/5/2017) Ezra Walian resmi menjadi warga negara Indonesia dan dijadwalkan bergabung dengan timnas U-22 dalam training camp (TC) di Bali pada 22-28 Mei 2017. Super Ball/Feri Setiawan (Super Ball/Feri Setiawan)

Tak berselang lama, surat PSSI dibalas oleh FIFA yang isinya menerima dan akan memproses dokumen menyangkut masa depan pemain berusia 23 tahun itu.

"Iya, hari Jumat (11/6) ini kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira. Kemudian, PSSI langsung merespon kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA dan bersyukur FIFA langsung merespon," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi dikutip dari pssi.org.

Baca juga: Ezra Walian Siap Bela Timnas Indonesia, Sebut Kasusnya Tak Rumit Andai PSSI Mau Gerak ke FIFA

Yunus Nusi berharap dengan satu langkah positif ini bisa membuka jalan baru agar Ezra Walian diizinkan FIFA bermain untuk skuad Garuda.

"Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama Timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah. Apalagi dirinya pernah bermain bersama Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17."

"PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih status pemain."

Baca juga: Para Pemain Berdarah Eropa Bersedia Bela Indonesia, Eks-Timnas Lontarkan Kritik Menohok ke PSSI

"Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat status Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra," tambah Yunus Nusi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat