androidvodic.com

Euro 2020: Pedulikan Jerman, Jurgen Klopp Soroti Skema Formasi Tiga Bek ala Joachim Loew - News

News - Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool ternyata mengikuti jalannya perkembangan tim-tim yang berlaga di kancah Euro 2020, termasuk Jerman.

Juru taktik asal Jerman itu secara khusus menyoroti perbedaan yang cukup mencolok diusung Joachim Loew bersama timnya dalam gelaran Euro edisi kali ini.

Sorotan tajam yang dikritisi Klopp tak lain perihal skema formasi tiga bek yang dimainkan Joachim Loew.

Joachim Loew memang memberikan kejutan terhadap skema formasi yang ia usung dalam ajang Euro kali ini dengan menempatkan tiga bek.

Baca juga: Finlandia vs Belgia Tayang di RCTI & Mola TV, Live Streaming Euro 2020, Tonton di HP

Baca juga: Italia Tanpa Cela, Bukti Tangan Ajaib Roberto Mancini & Sinyal Peringatan di Euro 2020

Pelatih Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola persahabatan Jerman v Denmark di Innsbruck, Austria pada 2 Juni 2021, dalam persiapan untuk Kejuaraan Eropa UEFA.
Federico GAMBARINI / POOL / AFP
Pelatih Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola persahabatan Jerman v Denmark di Innsbruck, Austria pada 2 Juni 2021, dalam persiapan untuk Kejuaraan Eropa UEFA. Federico GAMBARINI / POOL / AFP (Federico GAMBARINI / POOL / AFP)

Penggunaan tiga bek sendiri bukanlah sesuatu yang baru diterapkan dalam olahraga sepak bola.

Skema formasi tersebut bahkan sudah mulai menjemur diterapkan di level klub seperti Chelsea, Inter Milan, hingga Barcelona.

Hanya saja memang level timnas terlihat belum terlalu banyak tim yang menerapkan sistem tersebut.

Jerman yang biasanya menerapkan skema empat bek dalam menggalang pertahanan, kini justru beralih ke tiga bek tengah.

Hal itupun mendapat sorotan dari Jurgen Klopp yang lebih memilih untuk menggunakan skema empat bek di sisi pertahanan.

Baca juga: JADWAL Siaran Langsung Bola Malam Ini, Laga Penentuan Nasib Euro 2020, Tayang Mola TV & RCTI

Salah satu alasan Jurgen Klopp kurang setuju dengan skema tersebut lantaran sangat protektif dalam pertandingan.

"Agak tidak nyaman sebenarnya untuk membuat penilaian, karena setiap pelatih memiliki hak untuk membuat keputusannya sendiri," akui Jurgen Klopp kepada Magenta TV.

"Tapi dengan tim Jerman, saya akan memilih memiliki empat bek, karena saya tidak suka tiga bek yang sangat protektif," tukasnya menambahkan.

Manajer Liverpool Jerman Jurgen Klopp memberi isyarat di tepi lapangan selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Liverpool dan Fulham di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 7 Maret 2021.
Manajer Liverpool Jerman Jurgen Klopp memberi isyarat di tepi lapangan selama pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Liverpool dan Fulham di Anfield di Liverpool, Inggris barat laut pada 7 Maret 2021. (PHIL NOBLE / POOL / AFP)

Tiga bek yang menjad andalan Joachim Loew dalam membesut Jerman dalam ajang Euro 2020 antara lain Matss Humells, Mathias Ginter, dan Antonio Rudiger.

Joshua Kimmich dan Robin Gosens yang sebenarnya diplot sebagai fullback kanan kini berposisi lebih maju sebagai wingback kanan.

Baca juga: Euro 2020: Luis Enrique Wajib Selamatkan Wajah Spanyol sebelum Terlambat, Begini Skenarionya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat