androidvodic.com

Cerita di Balik Karangan Bunga The Jakmania Buat Persija, 'Sesusah Itukah Untuk Menang?' - News

Laporan Wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - Tirta Kurniawan (42), seorang pengusaha garmen yang juga satu di antara pendiri The Jakmania, mengungkapkan makna di balik karangan bunga berisi kritik kepada Persija Jakarta. 

Diketahui, Persija bermain imbang hingga pekan ketiga kompetisi BRI Liga 1 seri pertama.

The Jakmania yang tidak puas akan tiga hasil imbang Macan Kemayoran mengirimkan karangan bunga bertuliskan "Selamat Atas 3 Poin Perdana dari 3 Pertandingan Liga 1" ke kantor Persija pada Senin (20/9) bulan lalu.

Rui Tirta, panggilan akrab Tirta Kurniawan, mengatakan, kritik berupa karangan bunga tersebut merupakan bentuk kekhawatiran Jakmania atas pola permainan Persija. 

Baca juga: Deretan Pemain Gacor di Liga 1 2021 yang Tak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Jakmania Kirim Karangan Bunga Ke Kantor Persija Jakarta Karena Main Imbang Tiga Kali
Jakmania Kirim Karangan Bunga Ke Kantor Persija Jakarta Karena Main Imbang Tiga Kali (Dok. Jakmania)

Baca juga: Persib Kenapa Sih? Bobotoh Desak Pelatih Mundur, Robert Alberts Ungkap Alasan Raih Hasil Seri Melulu

"Itu dinamika, itu reaksi suporter. Itu bentuk kekhawatiran Jakmania soal hasil imbang. Tapi sebenarnya kita lebih mengkritisi pola permainannya," kata Tirta saat ditemui Tribunnews di kawasan Jatirangon, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/10/2021). 

Kata Tirta, Jakmania sebenarnya hanya sebal pada pola permainan Persija. Sebab, dari tiga pertandingan perdana di Liga 1, Persija selalu gagal mempertahankan keunggulan. 

Di antaranya bermain imbang 1-1 dengan PSS (5/9/2021), 2-2 dengan PSIS (12/9/2021), dan 0-0 dengan Persipura (19/9/2021). 

"Pola main itu yang bikin kita sebal. Karena tiga pertandingan awal itu selalu kita udah menang duluan, unggul gol, malah kebobolan. Kan ada kata-kata dari Jakmania, "Lu sesusah itu untuk menang? Lu sesusah itu mempertahankan keunggulan?" tutur Tirta. 

"Jadi itu adalah poin utama yang kami sebal," imbuh dia. 

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Taiwan, PSSI Beri Warning ke Shin Tae-yong, Taiwan Dilanda Masalah Internal

Kendati demikian, bagi Tirta memberikan karangan bunga merupakan kritik yang paling elegan dilakukan di masa pandemi. 

"Menurut saya cara ini sudah benar, mengkritik dengan elegan. Dan saya sangat berterimakasih dengan pengurus pusat Jakmania yang menyalurkan aspirasi kita lewat karangan bunga itu," tutur dia. 

"Hasilnya kan mereka langsung menang lawan Persela, walau kita deg-degan juga karena di menit-menit akhir itu terancam terus," sambung Tirta. 

Persija Jakarta saat ini bertengger di posisi 4 klasemen Liga 1 dengan perolehan 10 poin. 

Persija akan memasuki seri kedua Liga 1 melawan Arema FC di pekan pertama, kemudian melawan Persebaya Surabaya di pekan kedua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat