androidvodic.com

Senjata Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Eksplorasi Lini Sayap & Skema Modern Shin Tae-yong - News

News - Timnas Indonesia menatap Piala AFF 2020 dengan kepala tegak bersama Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu memberi sentuhan yang berbeda terhadap permainan Indonesia, yaitu bermain mengandalkan kolektivitas dan position play.

Tae-yong juga mengedapankan kekuatan lini sayap Indonesia untuk membongkar pertahanan lawan, itu bisa di lihat dari rangkaian uji coba dan turnamen yang sudah diikuti oleh Timnas Indonesia.

Baca juga: Rapor Gemilang Egy Maulana Vikri Jelang Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2021

Baca juga: Noh Alam Shah, Bekas Bomber Persib & Arema FC yang Pernah Sabet Gelar Top Skor Piala AFF

Pelatih berusia 52 tahun itu paham betul dengan potensi yang dimiliki oleh barisan pemain Indonesia yang mengutamakan kecepatan.

Salah satu yang paling mencolok adalah peran inverted winger yang ia berikan kepada Witan Sulaeman dan Irfan Jaya.

Hadirnya Irfan Jaya di lini depan Timnas menjadi momok menakutkan untuk barisan pertahanan tim lawan, pergerakannya begitu cepat, kemampuan dribelnya juga begitu mumpuni.

Tak hanya itu, akurasi tendangan Irfan Jaya juga begitu mematikan, itu memudahkannya dalam melakukan finishing dengan sepakan dari posisi tak ideal.

Irfan Jaya tak ragu mencoba tembakan dari sudut sempit, sebagaimana yang ia tunjukkan pada pertandingan melawan Borneo FC di BRI Liga 1.

Melakuan atribusi utamanya (cut inside) dari sisi kiri penyerangan Juku Eja, Irfan Jaya memiliki ruang tembak dari dalam kotak penalti.

Aksi striker PSS Sleman, Irfan Jaya (kiri depan) menggocek bola saat diadang bek Persikabo 1973, Esar Roni dalam laga pekan kesebelas BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/11/2021) malam. PSS Sleman berhasil menang dengan skor 3-2 (2-2) pada laga penutup seri kedua tersebut. Tribunnews/Muhammad Nursina
Aksi striker PSS Sleman, Irfan Jaya (kiri depan) menggocek bola saat diadang bek Persikabo 1973, Esar Roni dalam laga pekan kesebelas BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/11/2021) malam. PSS Sleman berhasil menang dengan skor 3-2 (2-2) pada laga penutup seri kedua tersebut. Tribunnews/Muhammad Nursina (Tribunnews/Muhammad Nursina)

Dengan spektakuler, pemain berpostur 162 cm tersebut melakukan tendangan plesing kaki kanan yang menghujam pojok kanan gawang Borneo yang dijaga Gianluca Claudio Pandeynuwu.

Atribusi Irfan Jaya bukan hanya dalam menyerang, tapi juga bertahan, pemain asal Bantaeng tersebut memiliki etos kerja yang luar biasa, ia begitu sibuk melakukan pressing dan membantu pertahanan tim baik di sisi kanan maupun kiri.

Lalu, ia juga memiliki finishing yang ciamik, meskipun bermain sebagai winger, Irfan Jaya telah menyumbangkan enam gol untuk Laskar Sembada musim ini, terbanyak di antara pemain PSS lainnya.

Pelatih PSS Sleman, Dejan Antonic tahu betul cara memanfaatkan kemampuan sang pemain, yang juga ditiru oleh Shin Tae-yong.

Irfan Jaya bermain lebih menusuk bersama PSS, ia sering berada di kotak penalti ketika winger lain ataupun striker PSS menguasai bola.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat