androidvodic.com

Babak 8 Besar Liga 2 Jadi Uji Coba Kompetisi Sepak Bola dengan Penonton, Belum Dibuka untuk Umum! - News

News - Layaknya turnamen pramusim Piala Menpora, kompetisi sepak bola Indonesia dengan adanya penonton di stadion akan mulai di uji coba.

Seperti diketahui, Piala Menpora adalah turnamen pramusim Liga 1 untuk menjadi tolak ukur, sejauh mana PSSI selaku induk organisasi sepak bola Tanah Air dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga mampu menyelenggarakan kompetisi yang aman di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Turnamen yang dimenangkan oleh Persija Jakarta itu berjalan dengan baik dan hasilnya berupa izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

"Ini uji coba, seperti waktu kemarin menjelang liga kita adakan uji coba dengan turnamen pramusim Piala Menpora. Sehingga ketika Piala Menpora berhasil dan berjalan lancar kita gelar Liga 1 dan Liga 2," ungkap Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, saat konferensi pers usai pertemuan dengan Menpora dan LIB, Senin (6/12/2021) siang.

Baca juga: Pembagian Grup Babak 8 Besar Liga 2, Ujicoba Hadirnya Penonton akan Dilakukan di 2 Stadion Ini

Tribun penonton tampak kosong tanpa kehadiran suporter saat berlangsungnya acara pembukaan dan laga pembuka BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (27/8/2021) malam. Setelah terhenti selama 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19, kompetisi Liga 1 kembali digulirkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Laga pembuka mempertemukan Bali United kontra Persik Kediri dengan hasil akhir 1-0 untuk keunggulan Bali United. AFP/Bay Ismoyo
Tribun penonton tampak kosong tanpa kehadiran suporter saat berlangsungnya acara pembukaan dan laga pembuka BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (27/8/2021) malam. Setelah terhenti selama 1,5 tahun akibat pandemi Covid-19, kompetisi Liga 1 kembali digulirkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Laga pembuka mempertemukan Bali United kontra Persik Kediri dengan hasil akhir 1-0 untuk keunggulan Bali United. AFP/Bay Ismoyo (AFP/Bay Ismoyo)

Seiring berjalannya waktu dan kondisi terkait sebaran kasus Covid-19, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 juga berjalan lancar, tanpa ada temuan kasus yang membengkak, meskipun sempat ada kerumunan di luar stadion dari aksi suporter.

Namun jika ditengok dalam kawasan stadion, kondisi normal karena ketatnya pengamanan untuk memasuk venue pertandingan.

Temuan kasus Covid-19 yang perlahan mulai melandai pun menginisiasi untuk adanya penonton di stadion untuk pertandingan sepak bola.

Tapi hal itu masih dipelajari lebih lanjut, baik dari Menpora, PSSI, dan PT LIB.

Rencananya, setelah diskusi antara stakeholder di atas, adanya penonton di stadion akan dilakukan berupa uji coba pada laga babak 8 besar Liga 2 yang dijadwalkan bergulir pada 15 Desember di Bekasi dan Bogor.

Baca juga: Masuk Grup Neraka di Babak 8 Besar Liga 2, RANS Cilegon FC Pede Lolos ke Liga 1

Ya, dua venue pertandingan, Stadion Pekansari, Bogor dan Stadion Wibawa Mukti, Bekasi akan menjadi percobaan LIB untuk memastikan sistem penerapan pertandingan dengan penonton dilakukan.

"Uji coba penonton akan dilakukan di salah satu laga babak 8 besar Liga 1 yang akan digelar pada 15 Desember mendatang di Stadion Pekansari, Bogor," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Uji coba ini akan menjadi tolak ukur, bagaimana kami akan mendapatkan SOP (untuk penerapan penonton yang hadir di stadion).

"Pandemi (Covid-19) yang saat ini masih berlangsung menjadi pertimbangan utama karena kesehatan masyarakan prioritas kami," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Menpora, Zainudin Amali belum memutuskan, karena hal ini masih menjadi bahan diskusi dan akan diajukan ke stakeholder lainnya, seperti Polri, BNPB, dan Satgas Covid-19.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat