androidvodic.com

Statistik Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2020, Tragedi Edisi 2012 Jangan Terulang Garuda! - News

News - Indonesia dan Malaysia bakal melakoni laga hidup dan mati untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2020 akhir pekan ini.

Laga Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2020 akan berlangsung di National Stadium, Singapura pada Minggu (19/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Laga ini adalah pertemuan ke-97 untuk kedua tim, di mana Indonesia memenangkan 39 pertandingan, 21 hasil imbang, dan 36 sisanya milik kemenangan Malaysia, menurut 11v11.

Kedua tim kali terakhir bertemu di ajang Piala AFF pada tahun 2012.

Baca juga: Sejarah Rivalitas Timnas Indonesia vs Malaysia, Duel Irfan Jaya & Safawi, Kiat Tae-yong Raih 3 Angka

Kala itu Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang di laga pamungkas fase grup melawan Malaysia untuk melaju ke semifinal Piala AFF.

Namun apa daya, skuat Garuda yang kala itu masih dibela Bambang Pamungkas, Elie Eiboy, hingga Irfan Bachdim kalah 2-0 oleh Malaysia.

Apesnya, Malaysia hanya butuh dua menit untuk memastikan tiket semifinal Piala AFF 2012, melalui gol Azamuddin (27') dan Mahali (29').

Kondisi serupa kembali terjadi pada Piala AFF 2020, Indonesia dan Malaysia sama-sama memperebutkan tiket semifinal di laga pamungkas fase grup.

Pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam pada laga Group B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Meski terus diserang Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam pada laga Group B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Meski terus diserang Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/)

Indonesia duduk di puncak klasemen grup Piala AFF 2020 unggul satu angka dari Malaysia.

Hasil imbang cukup bagi Indonesia untuk melangkah, tetapi apakah tim asuhan Shin Tae-yong bakal semudah itu untuk untuk menyerah mendapatkan hasil imbang atau kalah?

Tentu saja tidak, melawan Vietnam, skuat Garuda mendapat mandat dari sang juru taktik jika tidak bisa menang, hasil seri pun sudah cukup.

Baca juga: Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2020, Duel Pertahanan Kualitas Eropa, Elkan Baggott vs Dion Cools

Hasilnya di luar dugaan, Indonesia yang diterpa badai serangan mampu bertahan hingga 2x45 menit waktu pertandingan melawan Vietnam.

Strategi yang diracik pelatih asal Korea Selatan itu cukup ampuh dengan menurunkan dominasi pemain bertahan.

Evaluasi pasti ada, akan tetapi laga melawan Vietnam dibandingkan dengan Malaysia sungguhlah berbeda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat