androidvodic.com

Kualitas Pemain Timnas Indonesia dan Strategi Shin Tae-yong Dapat Pujian Menpora RI - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Abdul Majid

News, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku bangga atas capaian Timnas Indonesia yang lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia melaju ke babak semifinal sebagai juara grup B usai mengalahkan Malaysia 4-1 di Stadion Nasional Singapura, Minggu (19/12/2021).

Menpora yang turut menyaksikan laga tersebut melalui layar kaca televisi menilai banyak perubahan positif yang dialami Evan Dimas dkk. semenjak ditangani Shin Tae-yong.

Menpora Zainudin Amali
Menpora Zainudin Amali (News/abdulmajid)

"Saya melihat ada perkembangan dan peningkatan performa Timnas. Secara fisik meningkat, mental juga semakin baik dan kerjasama tim juga terlihat apik," kata Menpora saat dihubungi Tribunnews, Senin (20/12/2021).

Dalam laga kontra Malaysia, Menpora juga melihat adanya kecerdasan dari Shin Tae-yong.

Menurut Menpora, pelatih asal Korea Selatan itu sudah mengantisipasi permainan Malaysia sehingga di dalam pertandingan dirinya bisa menerapkan skema yang tepat.

Tak hanya itu, para pemain juga dikatakannya mampu menerjemahkan dengan baik apa yang diinginkan oleh Shin Tae-yong.

"Di samping itu yang sangat berperan semalam itu strategi yang diterapkan coach Shin Tae-yong sangat tepat, strategi dipakai melawan Malaysia semalam berbeda dengan trategi ketika melawan Vietnam sebelumnya," nilai Menpora.

Pemain Timnas Indonesia Irfan Jaya berebut bola dengan pemain Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia Irfan Jaya berebut bola dengan pemain Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/)

"Artinya Shin Tae-yong paham dengan karakteristik lawan yang dihadapi. Dari semua itu kita bisa lihat para pemain memahami  instruksi pelatih dan mereka bisa menjalankan di lapangan," jelasnya.

Seperti diketahui dalam pertandingan ini, skuat Garuda lebih dulu tertinggal setelah pemain Malaysia Kogileswaran Raj sukses mencetak gol pada menit ke-13.

Gol dari Kogileswaran Raj membuat permainan Indonesia lebih berkembang hingga akhirnya mencetak empat gol melalui Irfan Jaya 36’ 43’, Pratama Arhan 50’ dan Elkan Baggott. 82’.

Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/)

Dengan hasil kemenangan ini, Indonesia keluar sebagai juara grup B. Unggul selisih gol dengan Vietnam yang sama-sama mengoleksi 10 poin.

Pada babak semifinal Indonesia akan menghadapi tuan rumah, Singapura yang menjadi runner up grup A.

Baca juga: Kejurnas Baseball Putri 2021, Wadah Unjuk Prestasi Atlet Daerah

Pertandingan semifinal dilakukan sebanyak dua kali. Pertemuan pertama bergulir pada Rabu (22/12/2021) dan pertemuan kedua pada Sabtu (25/12/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat