androidvodic.com

Rapor Timnas Indonesia di 5 Final Piala AFF & Kans Juara Garuda Bersama Magis Shin Tae-yong - News

News - Untuk keenam kalinya sepanjang sejarah, Timnas Indonesia berhasil melaju ke partai final Piala AFF.

Di final yang keenam kalinya ini, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan raksasa Asia Tenggara, Timnas Thailand pada (29/12/2021) dan (01/01/2022).

Di lima partai final sebelumnya, Timnas Indonesia tidak pernah beruntung, kekalahan pahit selalu Garuda terima.

Barisan pemain dengan generasi berbeda berdatangan, namun tak satu kalipun Indonesia membawa pulang trofi Piala AFF.

Baca juga: Persaingan Top Skor Piala AFF 2020, Irfan Jaya vs Teerasil Dangda, Siapa Lebih Tajam?

Baca juga: Skenario Shin Tae-yong Kalahkan Thailand di Final Piala AFF 2020, Bermain Pragmatis atau Agresif?

Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mengalahkan Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/azhairul)

Rapor Timnas Indonesia di 5 Final Piala AFF

Di Piala AFF 2000, Timnas Indonesia yang saat itu dilatih juru taktik sekaliber Nandar Iskandar sukses meraih tiket menuju final Piala AFF untuk menantang tim tuan rumah Thailand.

Namun, bermain di Stadion Rajamangala, pasukan Nanda Iskandar dibuat tak berkutik oleh kedigdayaan tim Gajah Putih.

Kekalahan telak dengan skor 4-1 harus Garuda terima, Worrawoot Srimaka menjadi mimpi buruk bagi Timnas Indoneia dengan torehan hattrick-nya ke gawang Garuda yang saat itu dijaga oleh Hendro Kartiko.

Seakan tak kehilangan taringnya, Timnas Indonesia kembali melaju ke babak final di edisi selanjutnya, tepatnya Piala AFF 2002.

Bersama Ivan Kolev, Timnas Indonesia tampil trengginas di babak penyisihan grup dengan menorehkan kemenangan terbesar sepanjang sejarah kala Garuda sukses menumbangkan Filipina dengan skor 13-1.

Namun, kala sampai di partai puncak, lagi-lagi Timnas Indonesia harus tumbang.

Kali ini bukan faktor kedigdayaan tim lawan, namun dewi fortuna yang belum berpihak ke pasukan Ivan Kolev.

Masih melawan tim yang sama seperti di final sebelumnya, Thailand. Indonesia yang menjadi tuan rumah kembali dibuat menangis saat tim Gajah Putih menginci gelar Piala AFF 2002 lewat drama adu penalti.

Masih penasaran dengan trofi paling bergengsi se Asia Tenggara itu, di edisi selanjutnya, Piala AFF 2004, lagi-lagi Garuda kembali berhasil melaju ke babak final.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat