androidvodic.com

Kas Hartadi: Keberhasilan Timnas Tahan Imbang Thailand Di Leg 2 Menunjukkan Adanya Perbaikan - News

Laporan wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - Pelatih Dewa United, Kas Hartadi memberikan analisisnya terkait pertandingan kedua Final Piala AFF 2020 antara Indonesia Vs Thailand. 

Di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (1/1/2022), Indonesia menahan imbang Thailand dengan skor 2-2. 

Menurut Hartadi, keberhasilan timnas menahan imbang Thailand menunjukkan adanya perbaikan di berbagai aspek. 

"Laga kemarin cukup bagus, timnas bisa mencetak gol lebih dulu meski leg pertama kalah 4-0. Berarti ada evaluasi, ada kesalahan-kesalahan yang dibenahi," ucap Hartadi kepada News, Minggu (2/1/2022). 

"Terbukti kemarin bisa menguasai pertandingan walau hanya di babak pertama," sambung dia. 

Indonesia akhirnya harus puas berada di posisi runner-up Piala AFF setelah kalah secara agregat dengan skor 2-6 dari Thailand. 

Namun demikian, bagi Hartadi ada progres baik yang ditampilkan Egy Maulana Vikri dan kolega di leg kedua.

Pemain Timnas Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada leg kedua pertandingan final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Thailand dan Timnas Indonesia di National Stadium, Singapura, Sabtu (01/01/2022). (Roslan RAHMAN / AFP)
Pemain Timnas Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (kanan) merayakan golnya pada leg kedua pertandingan final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Timnas Thailand dan Timnas Indonesia di National Stadium, Singapura, Sabtu (01/01/2022). (Roslan RAHMAN / AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Yakni keberhasilan timnas membuat Thailand, yang menjuarai Piala AFF sebanyak tiga kali, sangat kewalahan dan bermain tidak tenang.

"Progres sudah bagus di timnas. Terbukti main imbang, dari segi permainan kita lebih bagus. Lihat kan kemarin Thailand kewalahan menghadapi Timnas kita, bahkan sempat terlihat mereka bermain cukup panik," tutur pelatih asal Surakarta ini.

Namun demikian, stamina dan konsentrasi para pemain masih harus ditingkatkan.

"Di menit 70an memang pemain tidak lagi dominan, mungkin hilang konsentrasi di menit-menit akhir, pertandingan juga melelahkan," ucap Hartadi.

Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana masuk menggantikan Ricky Kambuya dalam Final Piala AFF 2021 melawan Thailand yang berakhir dengan skor 0-4 untuk kemenangan Gajah Perang di National Stadium, Rabu (29/12) malam WIB.
Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana masuk menggantikan Ricky Kambuya dalam Final Piala AFF 2021 melawan Thailand yang berakhir dengan skor 0-4 untuk kemenangan Gajah Perang di National Stadium, Rabu (29/12) malam WIB. (Instagram @Egymaulanavikri)

Selain itu, ada sejumlah pemain muda di timnas yang dinilai potensial untuk membawa Indonesia meraih prestasi di masa mendatang. 

Pemain-pemain tersebut di antaranya, Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Alfreanda Dewangga, serta Arhan Pratama. 

Baca juga: Kualitas Bermain Timnas Indonesia Di Bawah Shin Tae-yong Terlihat Semakin Baik Kata Kas Hartadi

"Banyak yang menonjol, ada Witan, Egy, Arhan, Dewangga. Prospek ke depannya lebih bagus lagi, apalagi kaptennya Asnawi Mangkualam, itu dia bagus," kata Hartadi. 

"Menurut saya, mereka sangat potensial, bisa membawa timnas berprestasi nantinya," sambung dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat