androidvodic.com

Belajar dari Kegagalan AFF 2020, Timnas Malaysia Diminta Tiru Langkah Indonesia & Vietnam - News

News - Timnas Malaysia harus merasakan kekecewaan berat ketika berlaga di ajang Piala AFF 2020.

Tim berjuluk Harimau Malaya secara tak terduga harus tersingkir secara langsung di babak penyisihan grup.

Malaysia yang dibesut Tan Cheng Hoe kalah bersaing dengan Indonesia dan Vietnam di grup yang mereka huni.

Bahkan di laga terakhir babak penyisihan grup, Malaysia kena bantai musuh bebuyutannya yakni Indonesia.

Baca juga: Buntut Kegagalan Piala AFF 2020, Timnas Malaysia Buru Tanda Tangan Kiatisuk Senamuang

Baca juga: Moncer di Piala AFF 2020, Irfan Jaya Bakal Digaji Bali United Rp 7 Miliar?

Pesepak bola Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar (kanan atas) berebut bola atas dengan pesepak bola Malaysia, Arif Aiman dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 antara Malaysia melawan Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-4 (1-2) untuk kemenangan Timnas Indonesia. AFP/Roslan RAHMAN
Pesepak bola Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar (kanan atas) berebut bola atas dengan pesepak bola Malaysia, Arif Aiman dalam laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 antara Malaysia melawan Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-4 (1-2) untuk kemenangan Timnas Indonesia. AFP/Roslan RAHMAN (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Malaysia dipaksa mengakui keunggulan Indonesia dengan skor 1-4, hasil itupun mengubur impian Harimau Malaya untuk melangkah lebih jauh.

Menyikapi kegagalan Malaysia dalam ajang Piala AFF 2020, Ong Kim Swee yang pernah menangani tim tersebut angkat bicara.

Juru taktik yang juga pernah melatih Timnas Malaysia U23 itupun memberikan masukan kepada federasi sepak bola negeri tersebut.

Ong Kim Swee tak sungkan meminta Malaysia agar meniru langkah brilian Indonesia dan Vietnam dalam berinvestasi pemain muda.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020. (PSSI.ORG)

Malaysia perlu mengikuti jejak Indonesia dan Vietnam yang mampu mendulang prestasi dengan mengandalkan pemain muda.

Terlebih, Indonesia yang diasuh Shin Tae-yong mampu menunjukkan performa luar biasa hingga menjadi finalis turnamen dengan skuat muda yang ia miliki.

"Indonesia mampu menunjukkan bahwa mereka berada pada jalur yang benar dalam hal berinvestasi skuat pemain muda," akui Ong Kim Swee dilansir Straits Times.

"Itu mirip dengan yang dilakukan sepak bola Vietnam, dimana mereka sudah lebih dahulu menikmati kesuksesan besar,".

"Mereka terus mempromosikan para pemain mudanya, investasi itulah yang meningkatkan kualitas pemain untuk tujuan lebih lanjut," tambahnya.

Baca juga: Gaduh Penyambutan Timnas Indonesia Sepulang dari Piala AFF, Ini Penjelasan Sekjen PSSI

Baca juga: Kualitas Pratama Arhan di Timnas Indonesia, Kiat Magis Shin Tae-yong, Pujian Eks Pemain Persib

Berkaca dari raihan prestasi dan lonjakan performa dua tim negara tersebut, Malaysia seharusnya tak sungkan untuk mengikuti jejaknya.

Pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam pada laga Group B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Meski terus diserang Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. TRIBUNNEWS/PSSI
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Timnas Vietnam pada laga Group B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12/2021). Meski terus diserang Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat