androidvodic.com

Tak Cuma Masalah Fisik, Budaya Santai Timnas Indonesia Bikin Shin Tae-yong Geregetan - News

News - Ternyata tak cuma masalah fisik pemain yang kedodoran, namun juga ada kebiasaan buruk yang menjadi "budaya" di Timnas Indonesia.

Kondisi ini yang membuat Shin Tae-yong gemas dan mencoba untuk mengubah "Budaya" tersebut.

Usut punya usut, "Budaya" yang dimaksud pelatih asal Korea Selatan ini adalah kebiasaan terlalu santai dalam berkegiatan.

Sebagaimana yang diketahui, Shin Tae-yong ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia demi bisa meraih prestasi sebanyak mungkin.

Baca juga: Kualitas Pratama Arhan, Jadi Rebutan Tim Korea, Permata Timnas Indonesia, Kesayangan Shin Tae-yong

Baca juga: Tren Abroad Melanda Timnas Indonesia Putri, Shalika Perkuat Klub Liga Italia yang Berlaga di Serie B

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menyalami Asnawi Mangkualam dkk di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menyalami Asnawi Mangkualam dkk di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (6/1/2022). (Tribunnews/Abdul Majid)

Satu di antara tahapan proses untuk bisa membawa sayap Garuda mengepak lagi adalah pada pagelaran Piala AFF 2021 lalu.

Shin Tae-yong berhasil membawa Evan Dimas dkk meraih prestasi sebagai runner-up di akhir turnamen wilayah ASEAN ini.

Dalam wawancara dengan Myeongjangdeul dan diterjemahkan oleh YouTube BAL, Shin menjelaskan sejumlah kondisi Timnas Indonesia.

Satu di antaranya ialah kekurangan yang dimiliki Timnas Indonesia adalah "budaya" terlalu santai.

Shin Tae-yong mengatakan salah satu perbedaan terbesar antara pemain Indonesia dengan Korea Selatan adalah masalah disiplin.

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu kaget dengan sikap terlalu santai pemain Indonesia saat kali pertama melatih.

"Masuk ke stadion, mereka tidak langsung cepat-cepat. Kalau kita (di Korea) pasti sudah disuruh cepat-cepat."

"Kalau mereka, keluar dari stadion ke lapangan, terus kembali lagi makan waktu sekitar 10 menit," ujar Shin Tae-yong.

"Pelatih dan staf turun dari bus masuk ke lapangan dalam waktu 1-2 menit dan berdiri menunggu pemain datang. Tapi mereka masih duduk ngobrol seperti tidak berniat ke lapangan."

"Mereka terus saja mengobrol sambil mengikat tali sepatu," ucap Shin Tae-yong menambahkan.

Starting eleven Timnas Indonesia dalam pertandingan Piala AFF 2021, dari kiri Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Ezra Walian, Ramai Rumakiek, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam (c) dan Nadeo Agrawinata.
Starting eleven Timnas Indonesia dalam pertandingan Piala AFF 2021, dari kiri Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Ezra Walian, Ramai Rumakiek, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam (c) dan Nadeo Agrawinata. (Instagram @Rizkyridhoramadhani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat