androidvodic.com

Tindakan Berkelas Shin Tae-yong Pelajari Budaya Islam Tanah Air Demi Timnas Indonesia - News

News - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong secara tak terduga menceritakan salah satu hal bijak yang ia lakukan selama membesut skuat Garuda.

Salah satu hal bijak yang dilakukan Shin Tae-yong dengan belajar tentang Islam semenjak menjadi pelatih Indonesia.

Belajar tentang islam versi Shin Tae-yong yakni ia berusaha untuk memahami waktu ibadah timnya yang mayoritas beragama Islam.

Hal itu dilakukan Shin Tae-yong untuk menyesuaikan program yang ia rancang bersama Timnas Indonesia.

Penyesuaian tersebut diharapkan tidak mengganggu hak beribadah para pemain dan staff pelatih Timnas Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020.
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asuhnya dari pinggir lapangan saat gelaran Piala AFF 2020. (PSSI.ORG)

Shin Tae-yong pun mengaku belajar hal tersebut dari salah seorang dokter islam yang berada di Jakarta.

Dokter yang diyakini pernah mendampingi Shin Tae-yong ketika sakit ternyata pernah diajak bercerita sang pelatih soal Islam selama tiga jam lamanya.

"Sejak awal saya mencoba memahami budaya islam, pernah ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam," cerita Shin Tae-yong dilansir Sportalkorea.

"Saya pernah memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam lamanya,".

"Saya belajar hal soal islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus saya perhatikan,".

"Saya berjanji kepada pemain dan pelatih lokal untuk terus menghormati waktu beribadah mereka," tambahnya.

Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada para pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Tajikistan di Republican Central Stadium dalam laga uji coba yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Garuda, Selasa (19/10/2021) malam WIB.
Shin Tae-yong memberikan instruksi kepada para pemain Timnas Indonesia saat menghadapi Tajikistan di Republican Central Stadium dalam laga uji coba yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Garuda, Selasa (19/10/2021) malam WIB. (Instagram @PSSI)

Lebih lanjut, tindakan berkelas yang dilakukan Shin Tae-yong didasari atas keinginannya untuk bisa menyusun agenda tanpa menghilangkan hak beribadah timnya.

"Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu," jujur Shin Tae-yong.

"Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan,” tegas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Apa yang dilakukan Shin Tae-yong dapat dikatakan sebagai tindakan berkelas dimana seorang pelatih mampu mengedapankan kebijaksanaannya.

Adapun tujuan utama Shin Tae-yong untuk memahami lebih dalam soal budaya islam di Indonesia akan sangat membantu dirinya dalam mengatur segala agenda bersama Skuat Garuda.

Kondisi masyarakat Indonesia termasuk keberadaan para pemain timnas yang mayoritas beragama Islam tentu menjadi hal yang patut diperhatikan.

Dan Shin Tae-yong seakan menjadi pihak yang mampu dengan cermat memahami hal tersebut dalam usahanya untuk menyusun agenda Timnas Indonesia agar berjalan baik dan nyaman.

(News/Dwi Setiawan)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat