androidvodic.com

Akmal Marhali: Kritik Haruna Ke Shin Tae-yong Wajar - News

Laporan wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - Pengamat Sepak Bola Akmal Marhali menilai kritik yang disampaikan Eksekutif PSSI Haruna Soemitro kepada pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong adalah hal yang wajar dilakukan. 

Akmal menekankan, jangan sampai Shin Tae-yong yang kini digemari publik Indonesia seolah-olah adalah dewa yang tidak tersentuh.

Demikian disampaikan Akmal kepada News, Selasa (18/1/2022).

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat foto bersama dengan Exco PSSI Haruna Sumitro setelah menjalani rapat bersama di Kantor PSSI pada kamis pekan lalu.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat foto bersama dengan Exco PSSI Haruna Sumitro setelah menjalani rapat bersama di Kantor PSSI pada kamis pekan lalu. (Dok. pribadi)

"Ini perlu dipahami oleh publik bahwa evaluasi itu hal yang wajar karena Shin Tae-yong dikontrak oleh federasi sepakbola kita," ucap Akmal.

"Jangan sampai kemudian tidak ada check and recheck terhadap perjalanan atau kinerja Shin Tae-yong, seolah-olah Shin Tae-yong itu dewa di sepak bola kita sehingga tidak bisa disentuh," sambung dia. 

Kritik yang disampaikan Haruna kepada Shin Tae-yong mengenai hasil Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 menurut Akmal tidak salah. 

Diketahui timnas Indonesia binaan Tae-yong finish di posisi runner-up Piala AFF 2020 di Singapura. 

Sebelum Shin Tae-yong, timnas juga telah finish sebagai runner-up di Piala AFF sebanyak lima kali. 

"Kalau jadi runner-up sama saja dengan pelatih lain, itulah faktanya. Pelatih lain hanya mampu membawa Indonesia menjadi runner-up," tutur Akmal.

Terakhir kali Indonesia menjuarai kompetisi sepak bola di Asia Tenggara hanya saat gelaran SEA Games 1991. 

Selebihnya Indonesia tidak pernah lagi menjadi juara, baik di SEA Games maupun AFF.

Menurut Akmal, kritik yang disampaikan Haruna pada Shin Tae-yong merujuk pada besarnya harapan agar timnas bisa menjadi juara di kompetisi internasional. 

"Indonesia saat ini adalah negara yang sangat ingin sekali merasakan gelar juara setelah terakhir kali juara di SEA Games 1991, setelah itu kita tidak punya gelar juara lagi," ucap Akmal. 

Baca juga: Pierre-Emerick Aubameyang Meyakinkan Tim Medis Arsenal Bahwa Dia Fit Dan Berlatih Seperti Biasa

"Saya pikir Haruna itu bicara soal besarnya harapan dan kerinduan untuk kita juara," imbuh dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat