androidvodic.com

Roberto Firmino, Keseimbangan yang Dibutuhkan Liverpool, Pembuka Ruang Diogo Jota Lewat Peran Ganda - News

News - Liverpool sukses memastikan satu tiket ke babak final Piala Carabao 2021/2022 usai mengalahkan Arsenal dengan skor 0-2 pada Jumat, (21/01/2022).

Diogo Jota mampu menjadi bintang Liverpool di pertandingan tadi pagi dengan torehan bracenya yang ia cetak di menit 19' dan 77'.

Ya, ketajaman Diogo Jota mampu membawa Liverpool tampil tajam meski harus bermain tanpa Sadio Mane dan Mohamed Salah yang bermain di Piala Afrika.

Namun, di balik ganasnya performa Diogo Jota, ada satu nama yang sedikit terlupakan dari perhatian lantaran tak sering mencetak gol maupun assist.

Adalah Roberto Firmino!

Gelandang Liverpool asal Brasil Roberto Firmino merayakan gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Norwich City dan Liverpool di Carrow Road di Norwich, Inggris timur pada 14 Agustus 2021.
Gelandang Liverpool asal Brasil Roberto Firmino merayakan gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Norwich City dan Liverpool di Carrow Road di Norwich, Inggris timur pada 14 Agustus 2021. (JUSTIN TALLIS / AFP)

Baca juga: Hasil Arsenal vs Liverpool di Carabao Cup 2021, Menang 0-2, The Reds Tantang Chelsea di FInal

Baca juga: Magis Diogo Jota di Liverpool, Kesabaran Klopp, Kematangan dari Simeone, Tandem Salah dan Mane

Ya, nama Roberto Firmino memang sering kali terpinggirkan, ia kalah mentereng dengan Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Diogo Jota.

Hal itu memang wajar, mengingat torehan gol dari musim ke musim sang striker memanglah tak sebanyak dua penyerang Liverpool lainnya.

Jika Mane dan Salah telah mencapai gol ke 108 dan 148-nya di Liga Primer Inggris, Firmino baru menciptakan 70 gol.

Begitu pun perbandingan di musim ini dengan Diogo Jota, jika pemain asal Portugal tersebut telah mencetak 14, Roberto Firmino baru menyarangkan bola ke gawang lawan sebanyak 7 kali.

Lantas, apa yang membuat seorang Roberto Firmino begitu spesial?

“Peran Roberto Firmino tidak termuat dalam statistik, Anda hanya harus menonton dan menikmatinya bermain,"

"Kadang saya pikir dia kurang mendapat apresiasi lantaran catatan statistiknya, tetapi dia melakukan hal yang lebih daripada itu,” kata koresponden olahraga ESPN asal Brasil, Natalie Gedra.

Apa yang dilontarkan oleh Gedra memang benar adanya, Firmino adalah pemain yang berada dalam bayang-bayang Mane dan Salah, ia tidak egois, dan kecerdasannya harus diliat langsung saat dia sedang bermain.

Firmino memainkan peran sebagai pemain yang berdiri di antara barisan gelandang dan barisan pertahanan lawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat