androidvodic.com

Sisi Negatif Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala AFF U-23, Materi Pemain 'Ketuaan', Itu-itu Saja - News

Sisi Negatif Skuad Timnas U-23 Indonesia Pilihan Shin Tae-yong, Materi Pemain 'Ketuaan', Itu-Itu Saja

News - Komposisi 29 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ke skuad Timnas U-23 Indonesia untuk ajang Piala AFF U-23 2022, dinilai punya sisi negatif.

Ulasan BolaNas, skuad ini menonjolkan pragmatisme PSSI yang cenderung mengejar predikat dan trofi juara di ajang tersebut.

Disebutkan, semestinya ajang Piala AFF kelompok U-23 menjadi ajang persiapan untuk Piala Dunia U-20 2023 dengan memberikan ruang lebih untuk pemain-pemain U-19.

Baca juga: Fakta-Fakta Skuad Timnas U-23 Indonesia Pilihan Shin Tae-yong di AFF U-23, 6 Pemain U-19 Promosi

Latihan skuad timnas Indonesia di Lapangan Samudra, Bali, 29 Januari 2022.
 
Latihan skuad timnas Indonesia di Lapangan Samudra, Bali, 29 Januari 2022.   (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

Baca juga: Kenapa Shin Tae-yong Tak Panggil David Maulana dan Brylian Aldama ke Timnas U-23 Indonesia?

Nyatanya, skuad Timnas U-23 Indonesia saat ini hanya menyertakan enam pemain U-19 dalam skuat Garuda di Piala AFF U-23 2022 mendatang.

Satu hal yang menunjukkan PSSI tampak mengincar turnamen Piala AFF U-23 2022 di Kamboja sebagai ajang menengguk trofi, bukan instrumen pembinaan jangka panjang.

Hal itu tercermin dari komposisi skuat tim nasional Indonesia U-23 yang dipenuhi pemain "senior" dan hanya sedikit memanggil pemain muda.

Pelatih Shin Tae-yong diharuskan memenuhi target yang dibebankan PSSI, yaitu menjadi juara Piala AFF U-23 2022.

Baca juga: Para Pemain Andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Tapi Jarang Bermain di Level Klub

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mencanangkan target tersebut saat merilis daftar 29 pemain Garuda Muda.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih juara Piala AFF U-23 2022," tegas Iriawan (1/2/2022).

"Dengan materi pemain yang dipanggil ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," katanya.

Materi pemain timnas Indonesia memang tergolong "tua" untuk turnamen kelompok umur.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23, Shin Tae-yong Langsung Gas, Ini Pemain yang Dipanggil

Timnas Indonesia foto bersama sebelum pertandingan uji coba melawan Timnas Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). Meski tertinggal 1-0 pada babak pertama, Timnas Indonesia mampu mebalikkan keadaan pada babak kedua dengan kemenangan telak 4-1. TRIBUN BALI/NYOMAN MAHAYASA
Timnas Indonesia foto bersama sebelum pertandingan uji coba melawan Timnas Timor Leste di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022). Meski tertinggal 1-0 pada babak pertama, Timnas Indonesia mampu mebalikkan keadaan pada babak kedua dengan kemenangan telak 4-1. TRIBUN BALI/NYOMAN MAHAYASA (TRIBUN BALI/NYOMAN MAHAYASA)

Baca juga: Daftar Skuad Juventus di Liga Champions, Kaio Jorge Dicoret, Chiesa yang Pincang Dipeluk Vlahovic

Terdapat sejumlah pemain kelahiran 1999, yang menjadi batas usia pemain, seperti Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Hanis Saghara, dan Taufik Hidayat.

Selain itu, terdapat beberapa pemain yang telah menjadi andalan di timnas senior, tetapi tetap diturunkan di ajang junior ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat