androidvodic.com

Piala Gibran, Ajang Silaturahmi Wartawan se-Indonesia & Perkenalan Venue Latihan Piala Dunia U-20 - News

Laporan Wartawan News/Muhammad Nursina

News - Kota Surakarta atau Solo menjadi tuan rumah gelaran Turnamen Sepak Bola Wartawan se-Indonesia Piala Gibran 2022.

Penyelanggaraan turnamen tersebut akan berlangsung mulai Minggu (13/2/2022) hingga Kamis (17/2/2022) di Lapangan Kotabarat dan Stadion Sriwedari.

Seperti diketahui, dua stadion tersebut merupakan proyeksi jangka panjang untuk gelaran Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah, termasuk Kota Solo.

Stadion Sriwedari dan Lapangan Kotabarat akan menjadi venue latihan kontestan Piala Dunia U-20 yang rencananya digelar pada 2023 mendatang.

Sebelum digunakan untuk gelaran akbar pesepak bola muda dunia itu, wartawan yang tergabung dalam tim di turnamen Piala Gibran 2022 akan menjajal terlebih dahulu.

Baca juga: Ridwan Kamil Ikuti Jejak Anies Baswedan Lepas Tim Sepakbola Wartawan ke Piala Wali Kota Solo 2022

Ada sebanyak delapan tim yang akan bertanding pada gelaran pertama ini, wakil dari Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Riau, dan tuan rumah Solo.

Panitia Turnamen Sepakbola Wartawan se-Indonesia Piala Gibran 2022
Panitia Turnamen Sepakbola Wartawan se-Indonesia, Fatih Chabanto (kiri) dan Sekretaris Siwo Solo, Ronald Seger Prabowo dalam konferensi pers media jelang Turnamen Turnamen Sepakbola Wartawan se-Indonesia Piala Gibran 2022 di Monumen Pers, Surakarta, Sabtu (12/2/2022) siang.

"Untuk kali ini hanya delapan tim, selanjutnya kalo bisa sebanyak mungkin karena sebagai ajang wartawan silaturahmi," ucap Ronald Seger Prabowo, Sekretaris Siwo Solo dalam konferensi pers, Sabtu (12/2/2022) siang.

Untuk diketahui, selain memperkenalkan Stadion Sriwedari dan Lapangan Kotabarat yang menjadi bagian Sport Tourism penyelenggara, turnamen ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk wartawan Indonesia.

"Kita akan memperkenalkan Stadion Sriwedari dan Kotabarat, ini kan stadion lapangan yang akan digunakan untuk lokasi latihan Piala Dunia U-20 tahun depan. Dengan standard yang sudah mencakup Piala Dunia artinya meskipun hujan pun InsyaAllah stadion tersebut tidak akan terpengaruh (tergenang)," jelasnya.

"Ini juga menjadi percobaan lapangan itu sendiri sebelum digunakan untuk gelaran tersebut," sambung pria yang kerap disapa Seger itu.

Senada dengan Seger, panitia Turnamen Sepakbola Antar Wartawan se-Indonesia Piala Gibran 2022, Fatih Chabanto mengatakan, ajang silaturahmi.

Menurutnya, wartawan juga punya andil untuk mengangkat dan mengembangkan potensi yang ada di daerah masih masing-masing.

"Turnamen ini bagian dari ajang wartawan silaturahmi, memulai dari bidang olahraga untuk mendatangkan wisatawan," kata Fatih.

"Wartawan bukan hanya menulis, tetapi juga membantu sport tourism yang bisa melalui bidang olahraga," jelasnya.

Baca juga: Piala Turnamen Sepakbola Antarwartawan Diterima Walikota Solo

Siwo, sie Wartawan Olahraga Indonesia daerah Solo yang merupakan bagian dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solo akan bertindak sebagai penyelenggaraan turnamen ini.

Ajang ini akan memperebutkan Piala Gibran 2022 di mana tim yang juara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta, kedua Rp 25 juta, dan juara tiga bersama sebesar Rp 12,5 juta.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat