androidvodic.com

Alasan Mulia di Balik Aturan Ketat Bima Sakti ke Pemain Timnas U-16 Indonesia Soal HP dan Ibadah - News

Alasan Mulia di Balik Aturan Ketat Bima Sakti ke Pemain Timnas U-16 Indonesia Soal HP dan Ibadah


Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16, Bima Sakti mengatakan dirinya tak hanya menjadi sosok pelatih sepak bola bagi Garuda Asia (julukan Timnas U-16).

Menurut pelatih berusia 46 tahun itu, tugasnya di Timnas U-16 tak hanya soal meningkatkan performa pemainnya di lapangan, namun diikuti dengan pengembangan karakter di luar sepak bola.

Bima Sakti pun menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh skuad Timnas U-16 Indonesia, di antaranya adalah pembatasan penggunaan gawai, dan ketaatan waktu beribadah.

Baca juga: Live Streaming Timnas U-16 Indonesia Vs Vietnam Piala AFF U-16 2022, Pelatih Lawan Geram Jelang Laga

Baca juga: Fulham Vs Liverpool, The Kop Protes Klopp Cadangkan Nunez, Pedih Kena Penalti, Untung Ada Salah!

"Ini pembelajaran untuk semua pemain. Kami sebagai tim pelatih telah mengedukasi mereka. Ya, artinya memberi ilmu buat mereka, bukan hanya di lapangan, bukan hanya ilmu bola, tetapi edukasi di luar lapangan karena itu sangat penting," ujar Bima Sakti.

"Oleh sebab itu, penggunaan handphone kami batasi, menjaga pendisiplinan, dengan cara ibadah bersama 5 waktu ke masjid. Yang non-muslim, hari Minggu kami beri kesempatan ke gereja, kami siapkan kendaraan," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 dalam pertandingan terakhirnya menang dengan skor besar, 9-0 atas Singapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (3/8/2022).

Pasca-kemenangan tersebut, Bima Sakti meminta untuk anak didiknya tak cepat berpuas diri dan senantiasa rendah diri.

"Krisna tadi nomor 18 yang bikin gol (kontra Singapura), jam 10 pagi hari Minggu kami antar ke pura naik mobil," Jangan cepat puas, jangan cepat sombong," ucap Bima Sakti.

Bahkan Bima Sakti pun menunjukkan pesan singkatnya beraama eks Timnas Indonesia U-16, Marcelino Ferdinan, yang kini telah memperkuat Timnas Indonesia sampai level senior.

Pelatih kelahiran, Balikpapan Kalimantan Timur itu pun berharap, banyak anak didiknya yang mengikuti jejak Marcelino yang kian meningkat.

"Sebelum pertandingan (kontra Singapura), saya sampaikan ke mereka (pemain Timnas U-16) kemarin saya di-WA Marselino, 'Coach, selamat pertandingan melawan Filipina, mudah-mudahan di laga berikutnya lebih baik," tutur Bima Sakti.

"Saya bicarakan ke mereka, itu jadi contoh buat mereka, mudah-mudahan ada Marselino-Marselino lain yang lahir dari Timnas U-16," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat