androidvodic.com

Meski Sempat Tertinggal, Bima Sakti Yakin Timnas U-16 Indonesia Bisa Menang Kontra Vietnam - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News - Timnas U-16 Indonesia berhasil menyapu bersih semua lawannya di Grup A Piala AFF U-16.

Skuad besutan Bima Sakti itu menutup laga fase grup dengan kemenangan tipis 2-1 atas Vietnam, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Bhayangkara FC Vs Persebaya, Widodo C Putro Incar Kemenangan Perdana Liga 1 2022 di Kandang

Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-16) sempat tertinggal 0-1 dari Vietnam. Nguyen Chong yang menjadi eksekutor penalti di menit ke-41 sukses membuat Vietnam unggul di babak pertama.

Kendati tertinggal 0-1 atas Vietnam di babak pertama, Bima Sakti saat jeda turun minum mengatakan, ia yakin bahwa anak didiknya bisa mengembalikan keadaan.

Terbukti, Dua gol diciptakan oleh Garuda Asia setelah 10 menit babak kedua dimulai. Gol Arkhan Kaka di menit 51 membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Baca juga: Fakta Timnas Indonesia Tumbangkan Vietnam di Piala AFF U16 2022: Garuda Muda Sudahi Puasa Seniornya

Empat menit berselang, sang pencetak gol terbanyak Timnas Indonesia U-16, Nabil Asyura kembali mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Indonesia unggul 2-1 atas The Golden Star (julukan Vietnam).

"Kami ucapkan Alhamdulillah bisa menang malam ini walau kami sempat tertinggal di babak pertama, tapi saya yakin pemain bisa bermain baik, begitu turun minum saya sampaikan kesempatan tidak datang dua kali," ujar Bima Sakti saat konferensi pers usai pertandingan.

"Ini adalah kesempatan yang baik buat kalian (pemain) berjuang untuk bangsa dan negara, lebih baik lagi, manfaatkan peluang dan kurangi kesalahan, Alhamdulillah bisa cetak gol lagi di menit awal," katanya.

Bima Sakti memang acap kali mengkomando anak didiknya untuk bisa memanfaatkan menit-menit krusial dalam pertandingan.

Baca juga: Timnas U-16 Indonesia Vs Vietnam, Dua Gol Tanpa Drama Garuda Balas Penalti Berbau Diving, Skor 2-1

Pelatih berusia 46 tahun itu menyarankan Iqbal Gwijangge Cs untuk mencari kesempatan di awal laga ataupun menit-menit akhir pertandingan.

"Saya sampaikan ke Iqbal dan teman-teman, inisiatif di awal, biasanya di babak pertama di awal maupun akhir itu krusial, begitu juga di babak kedua," tutur Bima.

"Saya bilang ke mereka untuk manfaatin (peluang), cepat serangan balik, karena mereka pakai tiga pemain belakang, kalau mereka (terlambat) mereka (Vietnam) jadi lima bek karena cepat," ucap Bima melanjutkan.

Skuad Garuda Asia dipastikan melaju ke semifinal dengan berstatus juara Grup A mengantongi sembilan poin.

Pada semifinal, Timnas Indonesia U-16 akan berhadapan dengan pemenang grup C. Saat ini peringkat pertama grup C masih diduduki oleh Malaysia dengan catatan empat poin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat