androidvodic.com

Umuh Muchtar Kaget Iwan Bule Umumkan KLB, Bos Persib Desak Anggota Exco PSSI Juga Harus Diganti - News

Umuh Muchtar Kaget Iwan Bule Umumkan KLB, Bos Persib Minta Anggota Exco PSSI Juga Harus Diganti

Abdul Majid/Tribunnews

News, JAKARTA – Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengaku kaget mendengar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengumumkan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Seperti diketahui, pada Jumat 28 Oktober 2022 malam dari pukul 19.00 - 22.45 WIB di kantor PSSI, Jakarta, Executive Committee PSSI melaksanakan Exco emergency meeting, yang dihadiri oleh 12 anggota Exco dan memutuskan untuk mempercepat Kongres Biasa Pemilihan melalui mekanisme Kongres Luar Biasa, sesuai tahapan aturan organisasi.

Baca juga: Pengurus Tak Ada yang Mundur, Kok PSSI Gelar Kongres Luar Biasa? Pengamat: FIFA Pasti Menolak

Baca juga: Jawab Soal Desakan Mundur, Iwan Bule Cerita Momen Anak-Istri Menangis Saat Dia 8 Hari di Malang

Sesuai bunyi pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang kongres luar biasa, seharusnya sekurang kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis, maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai.

“Saya terkejut Pak Iwan Menyampaikan untuk KLB tapi mungkin untuk mempercepat atau ada desakan-desakan akhirnya Pak Iwan ambil keputusan seperti itu,” kata Umuh Muchtar.

Umuh Muchtar membeberkan bahwa PSSI akan mengirim surat kepada Persib pada Senin (31/10/2022), namun ia belum tahu mengenai isi surat tersebut.

Baca juga: Profil Iwan Bule, Ketua Umum PSSI yang Umumkan Percepatan Kongres Luar Biasa

Satgas transformasi bentukan PSSI yang turut dihuni pihak pemerintah mulai bekerja dengan menggelar rapat perdana, Jumat (21/10/2022).
Satgas transformasi bentukan PSSI yang turut dihuni pihak pemerintah mulai bekerja dengan menggelar rapat perdana, Jumat (21/10/2022). (Dok: PSSI)

Baca juga: Alasan Sebenarnya Juragan 99 Mundur Sebagai Presiden Arema, Gilang Pramana: Saya Sudah Berikan Semua

“Saya tidak tahu apakah itu undangan pertemuan di Jakarta atau untuk yang lain, sebab KLB itu PSSI yang memutuskan. Apa boleh buat, lebih cepat mungkin lebih baik,” ujarnya.

Umuh Muchtar menegaskan saat KLB nanti tak hanya mengganti Ketua Umum, tapi juga jajaran anggota Komite Eksekutif juga harus diganti.

Menurutnya, perubahan yang dilakukan PSSI jangan tanggung-tanggung, orang-orang lama di PSSI juga harus diganti dan diisi orang baru yang benar-benar fokus membawa sepakbola Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: PSSI Percepat Kongres Luar Biasa, Kirim Surat ke FIFA, Iwan Bule Lengser? STY dan Timnas Terimbas?

“Dengan adanya keputusan KLB tentunya harus ada perubahan tapi mohon maaf, dengan tidak adanya Pak Iwan di PSSI, semua Exco juga harus berhenti. Bubarkan dulu dan jangan mencalonkan lagi,” tegas Umuh.

“Mungkin hanya beberapa Exco saja yang masih bisa di PSSI. Kalau yang lainnya, apalagi yang sudah pengalaman, saya pikir jangan jadi Exco lagi sebab mengurus sepak bola itu bukan untuk mata pencaharian sehari-hari,” pungkasnya.

Baca juga: Respons Klub Liga 1 Soal Percepatan KLB PSSI, Ini Sikap Arema, Persebaya, Persis Solo, PSM Makassar

Tahap Awal, PSSI Kirim Surat ke FIFA

Ketua PSSI Mochamad Iriawan dan para Exco PSSI mengumumkan PSSI segera mempercepat Kongres Luar Biasa.
Ketua PSSI Mochamad Iriawan dan para Exco PSSI mengumumkan PSSI segera mempercepat Kongres Luar Biasa. (Tangkapan layar YouTube PSSI)

Sebagai tahapan awal menuju KLB, PSSI segera mengirimkan surat ke FIFA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat