androidvodic.com

Dalih Shin Tae-yong Soal Kegagalan Timnas U-20 Indonesia: Dari Fisik Hingga Skuad Tak Lengkap - News

Dalih Shin Tae-yong Soal Timnas U-20 Indonesia Gagal Lolos ke Perempat Final Piala Asia U20: Dari Fisik Hingga Skuad Tak Lengkap

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTATimnas Indonesia U-20 gagal melaju ke babak perempat final Piala Asia U-20 usai pada laga pamungkas grup A bermain imbang tanpa gol dengan Uzbekistan, Stadion Istiqlol, Uzbekistan, Selasa (7/3/2023).

Dalam ajang ini, Timnas U-20 Indonesia finis di peringkat ketiga grup A dengan torehan empat poin hasil dari sekali menang, sekali kalah dan sekali imbang.

Sementara Irak yang juga mengemas poin yang sama berhak melaju ke babak perempat final, seusai unggul head to head dengan Indonesia.

Baca juga: Klasemen Piala Asia U-20 2023: Timnas U-20 Indonesia dan Vietnam Tersingkir

Baca juga: Media Vietnam Tuding Iran Dibantu Wasit Saat Timnasnya Kalah dan Tersingkir dari Piala Asia U-20

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menilai sejatinya penampilan para pemainnya mulai meningkat karena bisa menahan imbang tuan rumah.

Shin Tae Tae-yong pun memberikan pujian kepada Muhammad Ferarri dkk. yang sudah kerja keras hingga membuat para pemain Uzbekistan tak bisa mencetak gol.

Shin Tae-yong berdalih, Timnas U-20 Indonesia dalam status tak komplet di Piala Asia U-20 2023 ini karena sejumlah pilar kunci absen dan tak membela tim. 

“Ya di laga ini, kami main baik lawan tuan rumah, meski kami tidak bisa membawa semua pemain kunci kami di ajang ini. Selamat bagi Uzbekistan yang lolos ke perempat final, semoga mereka sukses di ajang ini,” kata Shin Tae-yong seusai laga.

Selain memberikan selamat kepada lawan, Shin Tae-yong juga memberi kredit terhadap anak asuhnya yang mampu melalui laga tanpa kebobolan.

Baca juga: Vietnam U-20 Dirugikan Aturan Saat Ditelikung Australia dan Iran Piala Asia U-20 2023?

Pemain Timnas U20 Indonesia berfoto bersama sebelum laga melawan Irak dalam ajang Piala Asia U20 2023 Uzbekistan pada 1 Maret 2023.
Pemain Timnas U20 Indonesia berfoto bersama sebelum laga melawan Irak dalam ajang Piala Asia U20 2023 Uzbekistan pada 1 Maret 2023. (AFC)

“Soal kualitas tim, kredit perlu diberikan kepada para pemain kami yang sukses mengakhiri laga lawan Uzbekistan ini dengan tidak kebobolan,”

“Semestinya kami bisa membawa para pemain terbaik kami di ajang ini, namun mereka tidak ada di sini sekarang, namun kredit perlu diberikan kepada para pemain yang sudah berjuang di ajang ini. Mereka bagus,” jelasnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengakui saat menghadapi Uzbekistan, secara fisik para pemain Timnas U-20 Indonesia kalah dari pemain Uzbekistan.

Faktor itu diakui Shin Tae-yong jadi kendala timnya sulit mengalahkan Uzbekistan.

Penyerang Timnas U20 Indonesia, Hokky Caraka (kanan) merayakan golnya bersama skuad Garuda Nusantara saat melawan Suriah dalam ajang Piala Asia U20 Uzbekistan di Lokomotiv Stadium, Sabtu (4/3/2023) malam.
Penyerang Timnas U20 Indonesia, Hokky Caraka (kanan) merayakan golnya bersama skuad Garuda Nusantara saat melawan Suriah dalam ajang Piala Asia U20 Uzbekistan di Lokomotiv Stadium, Sabtu (4/3/2023) malam. (AFC/ADAM AIDIL)

Seperti diketahui, Uzbekistan tampil apik pada fase grup A ini dengan mengemas tujuh poin hasil dari dua kali kemenangan kontra Suriah (2-0) dan Irak (1-0) serta satu kali imbang menghadapi Indonesia (0-0).

“Ya memang secara fisik, pemain Uzbekistan lebih unggul, dan itu jadi kelemahan kami atas mereka. Alhasil, para pemain kami sempat kesulitan untuk menandingi mereka di pertandingan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 setelah ajang ini akan kembali berbenah guna tampil pada Piala Dunia U-20 di Indonesia, 20 Mei – 11 Juni 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat