androidvodic.com

Hasil Kongres FIFA di Kigali, Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Tim, Dibagi 12 Grup, Masing-masing 4 Tim - News

News- Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Utara akan dimulai dengan 12 grup yang terdiri dari empat tim.

Perubahan dari format Piala Dunia 2026 itu semula direncanakan menjadi 16 grup yang terdiri dari tiga tim, demikian diumumkan badan sepak bola dunia FIFA pada Selasa.

Piala Dunia 2026 akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Ini akan menjadi yang pertama menampilkan 48 tim, ada peningkatan jumlah peserta dari 32 tim pada turnamen tahun lalu di Qatar.

"Format yang direvisi mengurangi risiko kolusi dan memastikan bahwa semua tim memainkan minimal tiga pertandingan, sambil memberikan waktu istirahat yang seimbang antara tim yang bersaing," kata FIFA dikutip dari AFP.

Artinya, akan ada 104 pertandingan, peningkatan yang sangat besar dibandingkan dengan 64 pertandingan yang dimainkan di turnamen 2022.

Peningkatan bahkan dari rencana awal Piala Dunia 2026 akan menampilkan 80 pertandingan.

Rencana awal FIFA untuk tahun 2026 adalah untuk 16 grup yang terdiri dari tiga tim, dari mana dua negara teratas akan maju ke babak 32 besar.

Format baru yang ditentukan berarti dua tim teratas di setiap grup akan lolos ke babak sistem gugur bersama dengan delapan tim peringkat ketiga terbaik.

Akibatnya, finalis, dan tim yang finis ketiga dan keempat, akan memainkan total delapan pertandingan, bukan tujuh pertandingan seperti Piala Dunia sebelumnya.

Keputusan tersebut diambil setelah babak penyisihan grup yang dramatis dan menghibur di turnamen di Qatar meyakinkan FIFA bahwa diperlukan pemikiran ulang untuk cetak biru pada tahun 2026.

"Grup berempat benar-benar luar biasa sampai menit terakhir pertandingan terakhir," kata presiden FIFA Gianni Infantino pada bulan Desember.

Keputusan FIFA itu diumumkan setelah pertemuan Dewan FIFA di ibu kota Rwanda, Kigali.

Laga final Piala Dunia 2026 berikutnya akan dimainkan pada Minggu, 19 Juli 2026.

FIFA mengatakan bahwa jumlah total hari antara saat klub harus berhenti bermain dan melepaskan pemain untuk tugas internasional, dan final, adalah 56 hari, identik dengan tiga turnamen sebelumnya.

Meski demikian Piala Dunia sendiri mungkin akan dimainkan dalam jangka waktu yang lebih lama, setelah Qatar 2022 digelar hanya dalam waktu 29 hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat