androidvodic.com

Shin Tae-yong Imbau Pemain Ganti Hari Berpuasa, Ini Deretan Pemain Dunia yang Tetap Puasa Ramadan - News

Shin Tae-yong Imbau Pemain Ganti Hari Berpuasa, Ini Deretan Pemain Dunia yang Tetap Puasa Saat Ramadan

News - Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi setiap muslim, tak terkecuali mereka yang berprofesi sebagai pemain sepakbola.

Kewajiban itu lah yang membuat banyak pemain top dunia tetap berpuasa meski harus bertanding saat tengah menahan lapar pada momen bulan Ramadan.

Terkait puasa, periode pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong, bertepatan dengan jadwal bulan Ramadan 1444 Hijriah.

Baca juga: Tiga Sosok Calon Pengganti Ancelotti di Real Madrid, Don Carlo Sewot Gegara Offside Satu Milimeter

Pemusatan latihan itu berkenaan dengan agenda FIFA Matchday menghadapi Burundi 25 dan 28 Maret mendatang untuk Timnas Indonesia senior.

Adapun Timnas Indonesia U-20 sedang bersiap untuk tampil di Piala Dunia U-20 Indonesia 2023.

Terkait hal ini, Shin Tae-yong mengatakan akan berkonsultasi dengan pemuka agama terlebih dulu sebelum membuat kebijakan pelatihan selama bulan puasa.

Pun, bagi Shin Tae-yong, akan sulit bagi seorang pemain untuk menjalankan gemblengan fisik di TC Timnas Indonesia saat sedang berpuasa.

"Puasa, memang agak sulit buat saya, karena para pemain harusnya bisa makan di jam-jam tepat waktu," kata Shin Tae-yong.

"Kalau tanpa kita makan, tapi harus lari dan tanding, itu agak sulit buat pemain," ujar Shin Tae-yong.

Sejumlah pemain Timnas U-22 Indonesia melakukan latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan,. Jakarta, Kamis (2/3/2023). Latihan Timnas U-22 Indonesia tersebut digelar untuk persiapan Sea Games 2023 di Kamboja. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah pemain Timnas U-22 Indonesia melakukan latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno, Senayan,. Jakarta, Kamis (2/3/2023). Latihan Timnas U-22 Indonesia tersebut digelar untuk persiapan Sea Games 2023 di Kamboja. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Jadi saya harus koordinasi dulu dengan pemimpin agama dan pemain biar bisa fokus saat pertandingan dan sehari sebelumnya fokus ke laganya," ungkap Shin.

"Maksudnya kita tetap makan tanpa puasa, mungkin hari-hari yang tidak puasa, mungkin bisa diganti, setelah periode puasa. Untuk Itu harus dibicarakan lagi dengan pemain dan pemimpin agama," jelasnya.

Faktanya, puasa dan kegiatan fisik sepakbola bisa berjalan beriringan dan dilakoni oleh sejumlah pesepakbola top dunia.

Berikut pesepakbola muslim yang tetap berpuasa di bulan Ramadan di tengah kerasnya kompetisi dan pertandingan seperti dikutip dari Kompas.com:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat