androidvodic.com

Drawing Piala Dunia U-20 2023 dan Polemik Timnas Israel di Indonesia, Ada Skema Prohibited Clashes? - News

News - Drawing Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Bali pada 31 Maret 2023.

Seiring makin dekatnya pelaksanaan drawing Piala Dunia U-20 2023, polemik terkait kepesertaan Timnas Israel U-20 di ajang ini terus bergulir di tanah air.

Gelombang penolakan menentang kehadiran Timnas Israel datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), beragam ormas Islam, partai politik, dan organisasi non-pemerintah dalam negeri.

Baca juga: Piala Dunia U-20 2023, Giliran PDI Perjuangan Jawa Timur yang Tolak Israel Tampil di Wilayah Jatim

Dilansir Kompas.com, sejauh pemerintah terus mengkaji dan mempelajari partisipasi timnas Israel.

Sejauh ini, tersirat bahwa pemerintah tetap akan memperbolehkan kehadiran timnas Israel untuk berpartisipasi di Piala Dunia U20 pertama sepanjang sejarah mereka.

"Hanya memang kita juga sudah berkomitmen untuk menjadi penyelenggara, ketempatan event itu. Saya kira kita juga sepakat event ini sangat strategis untuk mengangkat harkat martabat bangsa Indonesia," kata pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga Muhadjir Effendy pada Senin (20/3/2023).

Indonesia sendiri bukan salah satu dari 14 negara yang tidak mengakui paspor Israel.

Sejak 2020, Ditjen Imigrasi Indonesia membuka pelayanan visa elektronik bagi warga Israel serta tujuh negara lainnya.

Pemberian visa terhadap warga negara asing yang tak memiliki hubungan diplomatik ini dilakukan melalui mekanisme calling visa.

Proses pemeriksaan permohonan visa ini melibatkan tim penilai antara lain dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Tenaga Kerja, Badan Intelijen Negara, TNI, dan beberapa instansi lain.

Di lain sisi, salah satu negara yang tak mengakui paspor Israel sebenarnya adalah Qatar.

Namun, warga negara Israel tetap bisa berkunjung ke Qatar selama pagelaran Piala Dunia 2022 sebagai bukti bagaimana sepak bola bisa menyatukan.

Kembali ke Piala Dunia U20, salah satu poin yang telah ditetapkan pemerintah adalah kemungkinan besar suporter Israel tak akan datang ke Tanah Air terkait dengan situasi politik dalam negeri. 

Nah, terkait drawing Piala Dunia U20, FIFA kemungkinan besar bisa menerapkan skema "Prohibited Clashes" atau laga-laga yang dilarang seperti layaknya UEFA pada Euro 2020.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat