androidvodic.com

Polemik Kepesertaan Israel di Piala Dunia U20, Presiden: Dukungan Kita ke Palestina Selalu Kokoh - News

Polemik Kepesertaan Israel di Piala Dunia U20, Presiden: Dukungan Kita Terhadap Palestina Selalu Kokoh

News - Presiden Joko Widodo menegaskan, kesepertaan Timnas Israel U-20 di ajang Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya akan berlangsung di Indonesia, tidak akan mempengaruhi sikap politik luar negeri Indonesia terhadap Israel.

Presiden menyatakan hal itu terkait polemik penolakan keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U202 2023 yang berujung pada keputusan FIFA membatalkan jadwal drawing turnamen akbar tersebut.

Presiden dalam konferensi persnya, Selasa (28/3/2023) menjelaskan, upaya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 melalui perjuangan panjang.

Baca juga: Solo Siap Gantikan Bali, Ini Daftar Pihak yang Menolak Israel Tampil di Piala Dunia U20 Indonesia

Presiden menyatakan Indonesia harus bersaing dengan Brasil dan Peru dalam bidding tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

"Semua pihak bekerja keras agar Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U202 2023," kata Presiden.

Indonesia akhirnya menang bidding dan resmi ditunjuk menjadi tuan rumah pada Oktober 2019.

Pada saat itu, presiden menggarisbawahi kalau selaku tuan rumah, Indonesia belum mengetahui peserta dari negara mana saja yang lolos ke putaran final.

Israel baru dinyatakan lolos ke putaran final Piala Dunia U202 2023 pada Juli 2022.

Atas kelolosan Israel ini, Presiden menjamin kepesertaan Israel tidak akan mempengaruhi sikap politik luar negeri Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan keterangan pers
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan keterangan pers terkait polemik keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya berlangsung di Indonesia, Selasa (28/3/2023). Presiden menyatakan, kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20 tidak ada kaitannya dengan sikap dan dukungan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina yang selalu kokoh dan kuat.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi, posisi luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat," kata presiden. 

Adapun soal tampilnya Israel di Piala Dunia U-20 2023, presiden menyatakan Indonesia sependapat dengan pendapat duta besar Palestina, Zuhair Al-Shun bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati para anggotanya.

"Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik," kata Presiden.

Presiden juga mengatakan, FIFA saat ini sudah mengetahui adanya penolakan-penolakan yang terjadi di tanah air soal kepesertaan Israel.

"Tapi, pemerintah dan PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik. Untuk itu saya telah mengutus ketua umum PSSI, bapak Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian dan solusi terbaik," ujar Presiden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat