androidvodic.com

Begini Nasib Pemain Naturalisasi Setelah Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Federasi sepakbola dunia, FIFA telah resmi mencabut Indonesia sebagai tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023.

Keamanan disinyalir jadi alasan FIFA mengambil keputusan tersebut lantaran adanya penolakan terhadap Timnas Israel yang tampil di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan proses naturalisasi tiga pemain yang juga dipersiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20?

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali mengatakan untuk proses naturalisasi Justin Hubner, Rafael Struick dan Ivar Jenner masih tetap berlanjut.

“Itu kan sudah jalan, sudah proses DPR. Jadi tetap lanjut saja mereka,” kata Amali usai menemui para pemain Timnas U-20 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis (30/3/2023).

“Tidak ada pertanyaan apa-apa dari mereka. Kita proses saja yang ada, ini saya minta terus latihan. Saya barusan ngomong ke Shin Tae-yong,” sambungnya.

Seperti diketahui proses naturalisasi tiga pemain tersebut telah dikebut hanya dalam dua hari (20 dan 21 Maret) sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi X, Komisi III dan Paripurna.

Setelah itu, mereka tinggal menunggu SK Presiden, pengambilan sumpah di Kemenkumham dan pencetakan KTP/paspor.

Sementara itu, Shin Tae-yong mengatakan untuk sementara ini para pemainnya tetap berlatih ringan sambil menunggu kepastian apakah Indonesia masih tetap bisa bermain di Piala Dunia U-20.

Apabila tidak bisa, Shin Tae-yong akan mengalihkan fokus ke Timnas Senior yang bakal tampil pada FIFA Matchday dan persiapan Piala Asia tahun depan.

“Memang seperti kata Pak Waketum walau Piala Dunia kita dicabut tapi bisa saja masih ada potensi ikut menjadi peserta Piala Dunia di negara manapun. Jadi kalau begitu pasti akan latihan normal juga,” ujar Shin Tae-yong.

“Setelah Piala Dunia U-20 selesai akan fokus ke senior. Mulai dari FIFA matchday bulan Juni dan ada lagi Piala Asia januari tahun depan".

"Saya akan mempersiapkan tim senior biar bisa ikut piala dunia senior karena piala dunia berikutnya akan ada tiket di Asia itu 8 tiket ya. Ya saya akan berusaha agar bisa mencetak sejarah baru,” jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat