androidvodic.com

Belanda vs Kroasia: Depay Cedera, Gakpo Siap Jadi Striker, Live RCTI Kamis 15 Juni Pukul 01.45 WIB - News

News- Cody Gakpo penuh gairah menatap laga Belanda kontra Kroasia dalam semifinal Nations League di Stadion Feyenoord, Rotterdam, Kamis (15/6) dini hari nanti.

Absennya Memphis Depay karena cedera, membuat stok striker di kubu Oranye Belanda jadi kosong.

Ada dua opsi pengganti yang bisa diambil pelatih Belanda Ronald Koeman yakni memasang striker Manchester United, Wout Weghorst, atau penyerang Liverpool, Cody Gakpo.

Yang terakhir sepertinya jadi pilihan lebih realistis karena jauh lebih produktif. Gakpo total mencetak 23 gol, dan 16 assists di musim 2022/23. Sedang Weghorst hanya mengemas 12 gol, dan enam assists.

Masalahnya, posisi alamiah Gakpo bukanlah seorang striker. Pemain berusia 24 tahun ini dikenal dalam reputasinya sebagai pemain sayap kiri di PSV Eindhoven.

Dia beralih menjadi striker setelah pindah ke Liverpool pada Januari. Kebetulan, saat itu The Reds sedang krisis striker sentral.

"Sekarang saya bermain di Liverpool, saya pikir itu posisi yang bagus. Saya menjadi yakin bahwa menjadi striker cocok untuk saya," kata Gakpo, seraya menambahkan bahwa beberapa pelatih sebelumnya telah coba meyakinkan dia untuk pindah, tetapi dia menolak.

"Guus Hiddink adalah yang pertama. Di PSV dia melihat saya bermain dan berkata: 'Anda harus menjadi striker atau pemain nomor 9 palsu'.
Saya tidak ingin memercayainya saat itu. Dan kemudian ketika Roger Schmidt mengatakan hal yang sama, saya bahkan jadi lebih keras kepala. Rasanya enak di sayap kiri," kata Gakpo dikutip dari Soccernet.

"Tapi di Piala Dunia terakhir, posisi saya sudah lebih sentral, dan di Liverpool secara permanen saya jadi striker dalam enam bulan terakhir. Itu bagus. Saya bersemangat sekarang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam waktu dekat, untuk klub juga juga untuk tim nasional," katanya.

Depay, yang selama ini selalu jadi ujung tombak andalan Oranye, absen karena cedera betis. Pelatih Belanda, Roland Koeman menyebutkan absennya Depay menawarkan "kesempatan untuk penyerang lain mengambil posisinya'.

Dikutip dari situs Whoscored, Gakpo bakal jadi striker sentral, bertandem dengan Steven Bergwijn, dan Xavi Simons dalam formasi 4-3-3.

Belanda tersingkir dari Piala Dunia 2022 lalu setelah kalah adu penalti dari Argentina pada perempat final.

Namun, mereka telah menjalani 20 laga tanpa kekalahan dalam waktu normal, sampai akhirnya dilindas Prancis 4-0 pada awal kualifikasi Euro 2024 (25/3) lalu. Pasukan Koeman kemudian bangkit dengan menggebuk Gibraltar 3-0 di laga terakhir.

Tim Oranje menjejakkan kaki di babak semifinal Nations League setelah tampil relatif konsisten di fase grup. Mereka memuncaki grup 4 League A dengan 16 poin, di atas Belgia, Polandia, dan Wales, tanpa pernah terkalahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat