androidvodic.com

Soal Hukuman Seumur Hidup Bagi Pelaku Match Fixing, Pakar: Tegakkan Sesuai Perundangan - News

Hukuman Seumur Hidup Bagi Pelaku Match Fixing, Pakar: Tegakkan Sesuai Perundangan

News, JAKARTA - Pakar Manajemen Prestasi Olahraga Prof Djoko Pekik Irianto mendukung langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam menjalin kolaborasi dengan POLRI untuk mempercepat penindakan hukum dalam membersihkan praktik mafia dari sepak bola Indonesia.

Diketahui, Erick Thohir menyiapkan sanksi bagi seluruh pelaku match fixing atau bertindak sebagai mafia sepak bola.

Sanksi yang disiapkan oleh PSSI adalah berupa hukuman tidak dapat berkecimpung lagi di dunia persepakbolaan seumur hidup.

Baca juga: Alasan Erick Thohir Ragu Tunjuk Stadion JIS Jadi Venue Piala Dunia U-17 2023

Keseriusan itu dibuktikan Erick Thohir menyambangi Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Jakarta, Senin (26/6/2023).

Erick bertemu Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Erick meminta Polri membantunya memberantas mafia bola dengan segala macam bentuk tindakannya, seperti pengaturan skor atau match fixing.

Baca juga: Tiga Blunder yang Tidak Boleh Diulangi Bima Sakti Saat Pimpin Timnas Indonesia U17 di Piala Dunia

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Ketum PSSI Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/6/2023). Dalam keterangannya Polri bersama PSSI menemukan adanya indikasi pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan oleh perangkat pertandingan pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 dan Kapolri akan memerintahkan Satgas Antimafia Bola Polri untuk melakukan pendalaman dan penyelidikan berdasarkan data-data yang ditemukan serta akan mengawal kompetisi Liga 1,2 3 agar menghasilkan kompetisi yang adil dan berkualitas. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Ketum PSSI Erick Thohir menyampaikan keterangan pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/6/2023). Dalam keterangannya Polri bersama PSSI menemukan adanya indikasi pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan oleh perangkat pertandingan pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 dan Kapolri akan memerintahkan Satgas Antimafia Bola Polri untuk melakukan pendalaman dan penyelidikan berdasarkan data-data yang ditemukan serta akan mengawal kompetisi Liga 1,2 3 agar menghasilkan kompetisi yang adil dan berkualitas. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Bahkan, Prof Djoko Pekik sepakat dengan ancaman hukuman seumur hidup tidak bisa berkecimpung di dunia sepak bola bagi pelaku mafia sepak bola.

“Sangat mendukung. Sangat yakin bisa, bahkan pada saatnya kita berharap akan menghilangkan mafia. Sepakat (hukuman seumur hidup), hal tersebut tentunya harus ditegakkan,” kata Prof Djoko Pekik kepada wartawan, Selasa (27/6).

Prof Djoko Pekik yang juga Guru Besar Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menilai langkah Erick Thohir menggandeng Polri untuk pemberantasan mafia sepak bola ini harus didukung dengan undang-undang yang ada.

Selain itu, langkah tegas ini harus diterapkan secara konsisten tanpa melihat siapa pelakunya.

“Tegakkan sesuai ketentuan perundangan. Konsisten dan tidak pandang bulu baik itu wasit, pelatih, pengurus dan siapapun,” tegasnya.

Tempat terpisah, mantan pemain Persikota Tangerang Rikki A. Daulay mengapresiasi langkah tegas Erick Thohir untuk menciptakan sepak bola yang bersih dan profesional, mengingat para mafia sepak bola ini masih berkeliaran di Liga 1 Indonesia.

“Sangat bagus dan harus diapresiasi dengan catatan gerakan ini harus serius dan masif,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat