androidvodic.com

Tinjau Stadion JIS, Erick Thohir Tegaskan Standarisasi Kewenangan FIFA Bukan PSSI - News

Tinjau Stadion JIS, Erick Thohir Tegaskan Standarisasi Kewenangan FIFA Bukan PSSI

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berisap mengajukan Jakarta International Stadium (Stadion JIS) untuk bisa digunakan sebagai salah satu Venue Piala Dunia U-17 pada November mendatang.

Stadion JIS berkapasitas 82 ribu penonton yang dibangun di Daerah Sunter, Jakarta Utara secara kualitas memang sangat bagus bahkan masuk dalam 10 Stadion terbesar di Asia.

Akan tetapi setelah ditinjau masih ada kekurangan yang harus diperbaiki bahkan dibangun, antara lain soal rumput dan flow suporter saat hendak masuk dan keluar dari Stadion.

Baca juga: Terungkap, Stadion JIS Punya Aspek Berbahaya Bagi Penonton, Erick Thohir: Ganti Semua Rumput

Erick Thohir mengatakan nantinya setelah diajukan, perwakilan FIFA bakal datang dan menginspeksi Stadion JIS yang dilihat dari segala macam sektor.

Pria yang menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut juga menegaskan bahwa kewenangan standarisasi bukan lah pada PSSI, melainkan FIFA. Sehingga nantinya FIFA yang akan menilai dari Stadion JIS itu sendiri.

“Tentu ada dua kesepakatan sejak tadi pagi kami rapat di Kementerian PUPR. Bersama Pak Gubernur (Heru Budi) lalu datang kesini juga rapat dengan Jakpro dan juga beberapa institusi seperti KAI dan tentu Jasa Marga,” ujar Erick usai meninjau Stadion JIS di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

“Bahwa nomor satu standar FIFA itu yang menentukan FIFA bukan PSSI bukan siapapun yang di sini. Kami hanya memperbaiki meningkatkan semua yang bisa sesuai dengan standar FIFA karena itu, ini merupakan bagian dari yang dilakukan pemerintah khususnya Kementerian PUPR sesuai dengan tugas-tugas dari Bapak Presiden waktu itu ketika kami memaparkan ke FIFA blueprint transformasi sepakbola termasuk renovasi 22 Stadion yang memang juga akan dipergunakan untuk Timnas Indonesia, Liga 1, Liga 2. Ini yang kami dorong,” terangnya.

Jakarta International Stadium (JIS) usai diguyur hujan, Rabu (23/11/2022)
Jakarta International Stadium (JIS) usai diguyur hujan, Rabu (23/11/2022) (News/alfarizyAF)

Untuk kepastian kapan perwakilan FIFA akan meninjau Stadion-Stadion di Indonesia, Erick mengatakan pihaknya masih menunggu kabar tersebut.

Sambil menunggu, PSSI bersama Kementerian PUPR mulai berbenah menyiapkan hal-hal yang dinilai masih kurang.

“Kembali kami menunggu kapan FIFA datang ke sini. Kemarin kami sudah ada Rapat Koordinasi dengan FIFA tentu kami mengajukan Stadion-Stadion yang dirasa bisa untuk buat pertandingan Timnas masa depan,” kata Erick.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu agar Stadion JIS benar-benar mendapatkan standarisasi dari FIFA dan bisa digunakan menggelar Piala Dunia U-17.

“Saya hanya satu mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik Pak Menteri PUPR, Pak Menteri BUMN, PT KAI dan seterusnya bahwa ini kami sempurnakan yang mana yang harus disempurnakan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” kata Heru Budi.

caption: Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menjelaskan rencana penggunaan Stadion JIS sebagai Venue Piala Dunia U-17 bersama dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Stadion JIS, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023), Tribunnews/Abdul Majid

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat