androidvodic.com

Benarkah Rumput JIS Tidak Sesuai Standar FIFA? Yang Dicek Pejabat Bukan Rumput Lapangan Utama? - News

Benarkah Rumput JIS Tidak Sesuai Standar FIFA? Yang Dicek Pejabat Bukan Rumput Lapangan Utama?

News, JAKARTA - Pernyataan kalau rumput Jakarta International Stadium (JIS) tidak seusai standar FIFA menuai polemik.

Adapun pernyataan itu dilontarkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) Basuki Hadimuljono seusai meninjau langsung kondisi rumput JIS, Selasa (4/7/2023).

Tinjauan dilakukan bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi.

Baca juga: Disebut Tak Sesuai Standar FIFA, Apa Alasan Jakarta International Stadium Pakai Rumput Hybrid?

Peninjauan terkait pengajuan JIS sebagai venue gelaran Piala Dunia U-17 yang akan digelar November 2023 di mana Indonesia, seusai instruksi FIFA, bertindak sebagai tuan rumah menggantikan Peru yang mundur lantaran tak siap secara infrastruktur.

Dalam pernyataannya, Menteri Basuki tak hanya menyoroti soal rumput, tetap sejumlah kekurangan lain, seperti akses stadion.

Terkhusus masalah rumput, menurutnya seluruh rumput akan diganti dengan anggaran sebesar Rp 6 miliar agar seusai standar FIFA.

"Mulai rumput butuh Rp 6 miliar 1 lapangan dari PU (PUPR), (anggaran) JPO ke Ancol dari PU, kereta api dari DKI, ramp dari Jasa Marga, ada stasiun sementara dari KAI, stasiun sementara lagi dibangun sama Dirut," kata Basuki setelah meninjau JIS, Jakarta Utara, Selasa (4/7).

Tuai Polemik

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi saat memaparkan rencana penggunaan Stadion JIS sebagai Venue Piala Dunia U-17, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi saat memaparkan rencana penggunaan Stadion JIS sebagai Venue Piala Dunia U-17, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (News/majid)

Pernyataan Basuki ini yang menuai polemik.

Warganet di media sosial langsung meresponsnya dengan menjadikan tanda pagar (tagar) 'rumput' sempat trending di twitter.

Banyak netizen yang menyebut, rumput berjenis hybrida yang ada di JIS sudah seusai pedoman FIFA.

Adapula yang menyoroti kalau pengecekan rumput oleh para pejabat itu dilakukan bukan pada lapangan utama melainkan rumput di sisi lapangan yang dipisahkan oleh drainase.

Sorotan juga menyertakan pernyataan sekretaris jenderal PSSI, Yunus Nusi pada September 2022 silam yang mengakui kalau JIS, terlepas dari sejumlah catatan minornya, memang memiliki kualitas dunia.

Baca juga: Delapan Catatan PSSI Soal Stadion JIS yang Dianggap Belum Layak Gelar Laga Piala Dunia U-17 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat