androidvodic.com

Wapres FIFA Tolak Wacana Kesetaraan Upah untuk Timnas Wanita - News

News - Di tengah penyelenggaraan Pala Dunia Wanita 2023, Wakil Presiden FIFA, Alejandro Dominguez mengeluarkan pernyataan kontroversial.

Pria asal Paraguay ini secara blak-blakan menyatakan dirinya menolak wacana yang terus digaungkan Timnas Wanita Amerika Serikat terkait tuntutan kesetaraan bayaran.

Seperti yang diketahui sebelumnya, tim nasional wanita Amerika Serikat (USWNT) terus mengupayakan kesetaraan upah dalam beberapa tahun terakhir

Melalui kampanye selama lebih dari enam tahun dan sejumlah gugatan ke pengadilan, akhirnya Timnas yang memenangkan 4 kali gelar juara Piala Dunia ini meraih kesepakatan bersejarah.

Melalui keputusan pengadilan, federasi Sepakbola AS akhirnya diwajibkan memberi upah senilai 24 juta dolar atau sekitar Rp 361 Miliar ke USWNT pada Agustus 2022 lalu.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Pelatih Portugal Waspadai Taktikal Permainan Vietnam

Meskipun demikian, Wapres FIFA Alejandro menilai dirinya masih tidak percaya pada tuntutan upah yang setara dan mempertanyakan "batasan" kemampuan dan daya tarik dari sepakbola wanita dibandingkan dengan yang dilakukan oleh pria.

Dikutip Tribunnews dari Mirror, Wakil Presiden FIFA, Dominguez, mengemukakan pendapatnya tentang masalah ini dalam konferensi pers Piala Dunia Wanita

"Saya tidak percaya pada Upah yang Setara (untuk timnas Wanita). Saya percaya bahwa setiap orang memiliki batas, dan saya pikir saya tidak tahu batas sepakbola wanita seperti apa." ungkapnya.

Dia menambahkan: "Siapa yang tahu jika sepakbola wanita tiba-tiba akan dibayar lebih baik daripada sepakbola pria?"

Sepakbola wanita telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, dengan Piala Dunia Wanita musim panas ini dianggap sebagai simbol penting dari perkembangannya di panggung global.

Sebanyak 32 tim bersaing di Australia dengan total hadiah lebih dari 150 juta dolar atau Rp 2,25 Triliun

Nominal ini jumlahnya tiga kali lipat lebih besar daripada hadiah pada tahun 2019.

Meskipun total hadiah ini mewakili kenaikan 300 persen dari Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis, jumlahnya hanya sepertiga dari total hadiah pada Piala Dunia pria di Qatar musim dingin lalu.

Seperti yang diketahui sebelumnya, total nominal hadiah di Piala Dunia Qatar lalu mencapai angka 440 juta dolar atau sekitarRp 6,6 Triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat