androidvodic.com

Laga Belgia vs Swedia Dihentikan setelah Adanya Kasus Penembakan, Dua Warga Swedia Tewas - News

News - Laga Belgia vs Swedia di ajang kualifikasi Euro 2024 dihentikan setelah adanya kasus penembakan yang terjadi di Brussel, Belgia pada Senin (17/10/2023) malam waktu setempat.

Duel Belgia vs Swedia itu sebenarnya telah dimainkan selama 45 menit dengan skor sementara masih imbang 1-1 di Stadion King Baudouin.

Namun saat jeda babak pertama, muncul kabar adanya kasus penembakan yang menyebabkan dua orang tewas.

Penembakan itu dilakukan sebelum kick off dan pihak kepolisian masih memburu sang pelaku.

Laga sempat ditunda sampai akhirnya UEFA kemudian mengkonfirmasi pertandingan tersebut telah dibatalkan.

Baca juga: Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2024: Portugal Pesta Gol, Belanda Jaga Asa untuk Lolos

"Menyusul dugaan serangan di Brussels malam ini, telah diputuskan, setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan kualifikasi UEFA Euro 2024 antara Belgia dan Swedia dibatalkan," ujar UEFA.

Para pendukung kedua tim sempat diminta untuk tetap berada di stadion sampai petugas keamanan mengizinkan mereka pergi sekitar pukul 22.45 waktu setempat.

Pelatih Swedia Janne Andersson mengatakan kepada UEFA bahwa mereka tidak ingin bermain pada babak kedua dan Belgia menyetujuinya.

"Saat saya turun untuk istirahat, saya mendapat informasi ini. Segera, saya merasa itu sama sekali tidak nyata. Dunia seperti apa yang kita tinggali saat ini?" dia berkata.

“Saya masuk ke ruang ganti dan ketika tim mulai berbicara, kami sepakat 100 persen bahwa kami tidak ingin bermain karena menghormati para korban dan keluarga mereka,” ujarnya, dikutip dari BBC.

Baca juga: Ronaldo Jadi Top Skor di 2023, Cetak 40 Gol dan Lewati Erling Haaland

Pertandingan itu dimainkan sekitar 3 mil (5 kilometer) dari lokasi penembakan yang terjadi di dekat Saincteletteplein, di utara kota, menurut outlet Belgia Het Laatste.

Seorang pejabat polisi, yang berbicara tanpa menyebut nama karena tidak berwenang berbicara kepada wartawan, mengatakan kedua korban adalah warga Swedia.

Belum diketahui apakah para korban berada di Brussel untuk menyaksikan laga kualifikasi Euro 2024. Dukungan untuk korban mengalir lewat unggahan kedua tim.

"Pikiran kami ditujukan kepada semua keluarga mereka yang terkena dampak di Brussels," tulis FA Swedia.

“Pikiran kami bersama semua yang terkena dampak,” tulis Timnas Belgia.

Adapun dua gol dalam laga itu sebelumnya dicetak oleh mantan bintang Coventry City Viktor Gyokeres yang membuka skor Swedia pada menit ke-15.

Romelu Lukaku kini bermain untuk AS Roma menyamakan kedudukan melalui titik putih pada menit ke-31.

Belgia Lukaku
Penyerang Belgia Romelu Lukaku menendang bola di samping bek Swedia Filip Helander (kanan) selama pertandingan sepak bola kualifikasi Euro 2024 antara Belgia dan Swedia di Stadion King Baudouin di Brussels pada 16 Oktober 2023. JOHN THYS /AFP

(News/Tio)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat