androidvodic.com

PSSI Pastikan Setiap Pertandingan Piala Dunia U-17 2023 Terapkan Teknologi VAR - News

PSSI Pastikan Setiap Pertandingan Piala Dunia U-17 2023 Terapkan Teknologi VAR

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha mengatakan bahwa teknologi Video Assistant Referee (VAR) dipasang di setiap Venue Piala Dunia U-17.

Selain penerapan alat VAR, wasit-wasit yang akan memimpin pertandingan Piala Dunia U-17 juga sudah mulai berlatih.

“Iya dong (setiap pertandingan pakai VAR-red) sekarang untuk persiapan wasit sendiri sudah dimulai dari FIFA sejak tanggal 4 kemarin. Mereka sudah mulai latihan di lapangan B dan C dengan fasilitas yang kami sediakan dari PSSI bersama dengan pemerintah,” kata Tisha kepada wartawan, Selasa (7/11/2023).

Baca juga: Wow! Erick Thohir Ingin Pastikan VAR Diterapkan di Liga pada Februari, Pelatihan VAR Terus Berlanjut

“Ada set up var training, ada set up var simulasi juga di sana. Nantinya di setiap Stadion set upnya yang VAR sudah mulai dari kemarin,” sambungnya.

Pemasangan VAR dikatakan Tisha membuat standar pertandingan meningkat.

Dan sepakbola Indonesia sudah menuju ke sana. Seperti diketahui, penerapan VAR pada kompetisi Liga 1 juga sudah direncanakan.

Rencananya VAR akan mulai diuji coba di Liga 1 pada Februari mendatang.

“Jadi kita harapkan mohon doanya semua teman-teman ini, turnamen ini begitu makin bergulir kita baru tahu sebegitu besarnya dan standar kualitasnya memang tinggi dan kita sepak bola Indonesia sudah menuju ke sana,” ujarnya.

Soal VAR untuk Liga nanti, Tisha menjelaskan persiapannya yang dilakukan harus lebih komprehensif lantaran wasit yang ditugaskan merupakan wasit Indonesia.

Berbeda dengan VAR yang saat ini digunakan pada Piala Dunia U-17 yang mayoritas wasitnya di luar Indonesia, hanya tiga wasit Indonesia berlisensi FIFA yang ditugaskan pada ajang ini.

“Persiapan dengan liga itu berbeda lagi, ada full training-nya ada fullset upnya, wasit-wasitnya juga dari kita. Ini kan wasit-wasitnya adalah wasit FIFA dan ada wasit kita tiga orang yang alhamdulilah ditunjuk sebagai supporting referee. Aprisman, Thoriq, dan Yudi Nurcahya, tiga itu di acknowledge oleh FIFA untuk menjadi support referee, mereka jadi ikut latihan bersama dengan FIFA Team One,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat