androidvodic.com

Dianugerahi Bintang Jasa Pratama, Presiden FIFA Bicara Upaya Pererat Hubungan dengan Indonesia - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan tanda kehormatan bintang jasa pratama yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya akan makin mempererat hubungan FIFA dengan Indonesia. 

"Tentu saja hal ini akan mempererat hubungan antara FIFA dan Indonesia. Ini ketiga kalinya saya berada di Indonesia dalam waktu kurang dari setahun, kurang lebih setahun. Ini mungkin negara yang cukup unik yang paling sering saya kunjungi dalam waktu singkat," kata Gianni di Istana Negara, Jumat, (10/11/2023)

Gianni lalu menyinggung Tragedi Kanjuruhan pada tahun lalu yang menewaskan ratusan orang. 

Tragedi sepakbola itu sedikit banyak membuat federasi sepakbolanya meningkatkan kehadiran di Indonesia.

Kehadiran itu ditunjukkan dengan pembukaan kantor tetap FIFA di Jakarta yang baru diresmikan Presiden Jokowi.

"Ini lebih dari sekedar kantor, (membuka kantor) ini sangat sulit untuk seluruh wilayah. Ini adalah negara yang penting. Indonesia adalah negara besar dan Presiden Joko Widodo disegani dimana-mana," ucap Gianni. 

Menurut Gianni, Indonesia layak mendapat kehadiran FIFA lantaran berpotensi menjadi negara sepakbola terkemuka. Indonesia juga memiliki kapasitas dan mempunyai keinginan kuat akan hal tersebut. 

Dan FIFA bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk membuat sepak bola berkembang sehingga kecintaan terhadap sepakbola di dalam negeri makin berkembang.

"Kami punya ahli dalam keselamatan dan keamanan stadion, ahli dalam memerangi pengaturan skor, dan penyakit sepak bola lainnya," kata dia.

Baca juga: Alasan Gianni Infantino Buka Kantor FIFA di Indonesia, Bukan Semata Karena Tragedi Kanjuruhan

Namun yang terpenting, keahlian dalam hal penyelenggaraan event, penyelenggaraan kompetisi, dan pengembangan pemain. Semua pusat keunggulan ini akan berbasis di Jakarta dan Anda akan melihat hasilnya," tandas Gianni.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan penganugerahan tanda kehormatan bintang jasa pratama ke Presiden FIFA Gianni Infantino. Gianni mendapat tanda Bintang Jasa Pratama atas jasa-jasanya pada persepakbolaan Indonesia.

Upacara penganugerahan itu digelar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023). Sejumlah menteri hadir dalam upacara ini.

Upacara diawali dengan pembacaan keputusan presiden, kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda bintang jasa oleh Jokowi kepada Gianni Infantino.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat