androidvodic.com

VAR Tak Lama Lagi Akan Hadir di Liga 1 Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Asisten wasit video (VAR) tak lama lagi akan hadir di Liga 1 Indonesia.

Teknologi pembantu wasit itu diproyeksikan untuk Liga 1 musim ini pada Februari 2024 atau berkisar pekan ke-24.

Nantinya, VAR yang akan digunakan tak semua menggunakan ruang khusus di stadion dan harus menggunakan mobil jenis van yang dimodifikasi.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Asep Saputra, mengatakan bahwa nanti akan ada sekira 11-12 stadion yang menggunakan mobil van sebagai pusat operasi VAR.

"Kami sudah memetakan itu, setidaknya ada 11-12 yang bentuknya van. Sisanya kami melihat, karena ada beberapa konsideran yang dipertimbangkan," kata Asep.

Asep mengatakan, penggunaan VAR memakai mobil van itu karena melihat kondisi serta efisiensi selama pemakaian.

"Kaitannya dengan ketersediaan ruangan, bagaimana juga maintenence selama pelaksanaan. Tapi itu sudah kami pertakan dan nanti akan kami sampaikan," ucap Asep.

"Yang jelas ini bagian dari kami melihat situasi infrastruktur yang ada, termasuk mana yang lebih efektif dan efesien dimana yang pakai van atau di ruangan," katanya.

Sementara itu, Asep pun membeberkan bahwa empat stadion yang kini digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 kemungkinan tetap akan menggunakan ruang VAR.

Empat stadion itu adalah Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Jakarta International Stadium (Jakarta).

"Rasanya memang kalau venue Piala Dunia mungkin karena sudah dilakukan secara konkret di Piala Dunia, mungkin berpotensi VAR-nya berada di stadion," ucap Asep.

"Tapi sekali lagi, pemetaan kami masih terus berjalan. Termasuk kami juga harus mengsinkronkan bahwa per akhir tahun ini ada beberapa stadion yang direnovasi," paparnya.

Lebih lanjut, Asep mengatakan bahwa mengatakan bahwa implementasi VAR sudah sampai tahap ketiga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat