androidvodic.com

CONMEBOL Kutuk Segala Bentuk Kekerasan, Rasisme, Xenofobia, dan Diskriminasi Usai Insiden Maracana - News

CONMEBOL Kutuk Segala Bentuk Kekerasan, Rasisme, Xenofobia, dan Diskriminasi Usai Insiden Maracana

TRIBUNNES.COM- Federasi sepak bola Amerika Selatan, Conmebol mengutuk tindakan kekerasan di laga Kualifikasi Amerika Selatan antara Brasil vs Argentina.

Conmebol menyatakan bahwa FIFA memiliki "kekuasaan eksklusif" dalam penyelenggaraan kompetisi. Terjadi kekerasan kepada para suporter Argentina di Maracana.

Menyusul peristiwa itu, CONMEBOL memberikan informasi: "CONMEBOL mengutuk segala bentuk kekerasan dan akan selalu bekerja sama dalam tindakan yang bertujuan untuk menghilangkan kekerasan, rasisme, xenofobia, dan diskriminasi" seperti dikutip dari Tyc Sports.

"Dalam hal ini, Konfederasi Amerika Selatan telah bekerja secara sistematis untuk memberantas momok yang mempengaruhi sepak bola Amerika Selatan dan dunia; dan bersedia untuk terus berkolaborasi dalam inisiatif apa pun yang berupaya memberantas intoleransi dan kekerasan dalam olahraga".

"Begitu pula dengan CONMEBOL yang bukan penyelenggara kualifikasi Piala Dunia".

"Perkembangan peraturan yang mengatur kualifikasi, serta keputusan untuk membuka penyelidikan dan penerapan kemungkinan sanksi, adalah kewenangan eksklusif FIFA," demikian bunyi pernyataan resminya.

Baca juga: Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona CONMEBOL: Argentina Penguasa, Brasil Merana Posisi 6

Di Rio de Janeiro, insiden juga terjadi menjelang final Copa Libertadores antara Fluminense dan Boca, pada tanggal 4 November, baik di sekitar Maracaná maupun di Copacabana.

Hasil imbang 1-1 antara Peru dan Venezuela juga mencatat kenakalan setelah pertandingan berakhir, dengan tindakan aparat kepolisian terhadap beberapa pesepakbola Vinotino, dalam upayanya menyapa para suporter.

Baca juga: Messi Cetak Rekor Gol di Kualifikasi Zona Conmebol, Gagal Cetak Hattrick karena Gol Ke-3 Dianulir

Pernyataan CONMEBOL:

"Menyusul peristiwa yang terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Amerika Selatan dan untuk memberikan informasi kepada opini publik, berikut klarifikasinya:

CONMEBOL mengutuk segala bentuk kekerasan dan akan selalu bekerja sama dalam tindakan yang bertujuan untuk menghilangkan kekerasan, rasisme, xenofobia, dan diskriminasi.

Dalam hal ini, Konfederasi Amerika Selatan telah bekerja secara sistematis untuk memberantas momok yang mempengaruhi sepak bola Amerika Selatan dan dunia; dan bersedia untuk terus berkolaborasi dalam inisiatif apa pun yang berupaya memberantas intoleransi dan kekerasan dalam olahraga."

Gianni Infantino Rilis Pernyataan di Instagram

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat