androidvodic.com

Bali United Tersingkir dari Piala AFC 2023, Serdadu Tridatu Coreng Wajah Sepak Bola Indonesia - News

News - Ada fakta kelam di balik tersingkirnya dua wakil Indonesia di Piala AFC 2023/2024, Bali United dan PSM Makassar.

Khususnya Bali United, tim berjuluk Serdadu Tridatu ini gagal mematahkan kutukan spesialis penggembira Piala AFC yang semakin kuat melekat.

Bukannya tanpa alasan mengapa status tim penggembira AFC Cup diberikan kepada Bali United. Pasalnya setiap partisipasi di Piala AFC, klub Pulau Dewata sekalipun tak pernah lolos dari fase grup.

Baca juga: Hari Apes Tak Ada di Kalender, Kiper Bali United Pecat ART Berujung Kemalingan, Rugi Puluhan Juta

Terbaru, Kamis (30/11/2023), PSM Makassar dan Bali United dipastikan tak bisa lolos ke semifinal Piala AFC zona Asia Tenggara.

Pasalnya, tiket lolos ke semifinal masing-masing grup (F,G, dan H) sudah disegel lebih dulu oleh tim lain. Sedangkan jalur terakhir ialah runner-up terbaik di mana hanya memiliki satu tiket tersedia.

Sayangnya, Bali United bersama PSM Makassar gagal memanfaatkan peluang lolos ke semifinal melalui jalur runner-up. Perolehan poin tim runner-up terbaik dari grup F,G, H, ialah Phnom Penh Crown.

Klub asal Kamboja itu mengemas 12 poin. Sedangkan Bali United dan PSM Makassar, meski sama-sama masih menyimpan satu laga, namun perolehan poinnya tak mungkin menyalip Phnom Penh Crown.'

Bali United yang tergabung di Grup D mengemas 7 angka, pun raihan poin sama dibukukan PSM Makassar di Grup H.

Bali United Tim Penggembira Piala AFC

Bagi Serdadu Tridatu, tidak lolos dari fase grup Piala AFC bukan kali pertama bagi mereka.

Sejak partisipasi di Piala AFC 2018, 2022, dan terbaru 2023, Bali United selalu kandas perjuangannya di fase grup saja. Bahkan jika Piala AFC 2020 tidak dihentikan akibat Covid-19, Serdadu Tridatu sudah kandas tiga kali beruntun di fase grup.

Saat itu, Bali United yang berada di Grup D, duduk sebagai tim juru kunci kala Piala AFC 2020 dihentikan di tengah jalan.

Tak heran jika Bali United setiap berkompetisi di Piala AFC selalu mengusung tajuk serupa, yakni mematahkan kutukan untuk lolos dari fase grup.

Hanya saja dari tiga partisipasinya (kecuali tahun 2020), Bali United belum bisa mematahkan kutukan itu. Alih-alih mengakhiri tren positif, Bali United justru mendapatkan stigma jelek sebagai tim penggembira di Piala AFC. 

Bahkan Bali United menjadi tim Liga 1 (Indonesia) paling jelek catatanya kala bermain di Piala AFC. Mereka menjadi tim Indonesia pertama yang tiga kali gagal lolos dari fase grup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat