androidvodic.com

Yoo Jae-Hoon Benarkan Shin Tae-yong Pernah Bahas Naturalisasi Kiper untuk Timnas Indonesia - News

Yoo Jae-Hoon Benarkan STY Pernah Bahas Naturalisasi Kiper untuk Timnas Indonesia

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Yoo Jae-Hoon membenarkan bahwa Shin Tae-yong sempat membuka obrolan terkait naturalisasi kiper.

Namun, Yoo Jae-Hoon mengaku tak tahu pasti siapa kah kiper yang diproyeksikan untuk dinaturalisasi.

"Coach Shin setahu saya pernah bahas, tetapi tidak tahu namanya siapa. Tapi ya pernah bahas juga," ujar Yoo Jae-Hoon, kepada awak media, Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Bukan Liga Kroco, Pratama Arhan Jajal Kompetisi yang Pernah Diarungi Kaoru Mitoma

"Tapi dalam dan isi (pembicaraannya) saya tidak tahu karena saya tidak ikut (berdiskusi). Sebagai asisten, kami tidak bisa ikut campur atau mengatur harus naturalisasi A, B, dan lain-lain," sambungnya.

Eks pemain Persipura Jayapura itu mengungkapkan bahwa seluruh proses naturalisasi merupakan kuasa penuh dari Shin Tae-yong dan PSSI.

Pada beberapa waktu lalu, beredar kabar PSSI berencana untuk menaturalisasi sejumlah kiper keturunan Indonesia yang berkarier di luar negeri. 

Nama kiper yang sering dikaitkan dengan hal ini adalah kiper Inter Milan Emil Audero dan Maarten Paes kiper FC Dallas.

"Ya kalau masalah naturalisasi itu pasti akan diskusi antara Coach Shin dan Pak Ketum (PSSI). Sebagai asisten kami tidak bisa ikut campur atau mengatur harus naturalisasi A, B, dll," ucap Yoo Jae-Hoon.

Sekadar informasi, saat sudah ini ada tujuh pemain naturalisasi dan keturunan yang langganan dipanggil Timnas Indonesia.

Mereka adalah Jordi Amat, Elkan Baggott, Marc Klok, Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Jumlah tersebut pun bertambah satu jelang Piala Asia 2023, yaitu Justin Hubner.

Tak hanya itu, PSSI juga sedanh memproses perpindahan kewarganegaraan dua pemain keturunan lainnya, yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. 

Selain itu, terdapat pula Ragnar Oratmangoen yang baru saja berkunjung ke Tanah Air untuk memulai naturalisasinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat