androidvodic.com

Mengendus Rencana Rahasia Madrid dan Barca Hancurkan Premier League Lewat Liga Super Eropa - News

News - Mantan CEO Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge, memandang hadirnya gagasan Liga Super Eropa diciptakan untuk merusak pamor gemerlapnya Premier League.

Barcelona dan Real Madrid, disebut tengah gigih memperjuangkan realisasi bergulirnya Liga Super Eropa di musim depan.

Mega proyek Liga Super Eropa sendiri tengah menggantung karena keputusan finalnya belum keluar dari Mahkamah Eropa.

Baca juga: Chelsea Tidak Masuk Dalam Rencana Liga Super Inggris Di Tahun 1982

Akan tetapi Karl-Heinz Rummenigge, mantan pemain Inter Milan ini sama sekali tidak khawatir dengan kebangkitan proposal kompetisi breakaway tersebut, yang pada April 2021 langsung hancur berantakan selang beberapa hari setelah diumumkan.

Rummenigge bersikeras bahwa megaproyek Liga Super tidak akan pernah berhasil. Ia berkata pada La Gazzetta dello Sport, dilansir laman Managing Madrid.

"Enggak akan ke mana-mana. Tim-tim Inggris, Jerman, dan Prancis tidak akan pernah ambil bagian. Silakan Real Madrid dan Barcelona main turnamen itu sendirian."

Menurutnya, Barcelona dan Madrid memiliki maksud terselubung melihat ngototnya dua klub LaLiga itu menjalankan proyek Liga Super Eropa.

Salah satu tujuan utama ialah mengalahkan pamor Liga Inggris.

Diketahui Premier League memang menjadi kompetisi nomor 1 di dunia. Pandangan Rummenigge, Serie A, Bundesliga, hingga Ligue 1, memiliki 'kasta' di bawah Premier League.

Ilustrasi European Super League
Ilustrasi European Super League (TWITTER.COM/SPORF)

"Serie A akan jadi Serie B, dan Bundesliga bakal jadi liga divisi kedua."

"Tahu enggak, kenapa semua ini dilakukan? Untuk merusak Liga Primer Inggris, yang pendapatannya jauh lebih besar karena mereka memang lebih bagus," buka mantan CEO Bayern Munchen.

"Terutama klub-klub Spanyol, mereka ingin merusaknya (Liga Primer Inggris), maka dari itulah mereka menciptakan turnamen ini."

Peluncuran Liga Super Eropa memicu gelombang kemarahan dan protes dari kalangan penggemar, klub, serta instituasi olahraga dan pemerintahan pada April 2021.

Reaksi keras dari publik ini menyebabkan enam tim Liga Primer Inggris (Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur) undur diri, disusul oleh Atletico Madrid, AC Milan, dan Inter Milan.

Proposal Liga Super Eropa pun menjadi proposal mati, dan setelah Juventus turut meninggalkan mega proyek ini pada pertengahan 2023, hanya Barcelona dan Real Madrid yang masih kekeh untuk menjalankannya.

Kamis ini berpotensi menjadi hari bersejarah, bukan cuma bagi harapan hidup Liga Super Eropa melainkan juga bagi masa depan sepakbola secara keseluruhan.

Mahkamah Eropa akan memutuskan apakah langkah UEFA dan FIFA memblokir pembentukan Liga Super melanggar hukum anti-monopoli Uni Eropa.

(News/Giri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat