androidvodic.com

Viral Pemain Timnas Indonesia Makan Mi Instan, Begini Kata Ahli Gizi: Benarkah Bahaya Buat Atlet? - News

Viral Pemain Timnas Indonesia Makan Mi Instan, Begini Kata Ahli Gizi: Benarkah Bahaya Buat Atlet?

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Linimasa sosial media pecinta sepak bola tanah air kini tampaknya tengah diramaikan pemain Timnas Indonesia yang mengkonsumsi mi instan saat pemusatan latihan (TC) di Turki.

Dalam tangkapan layar yang beredar, terlihat Witan Sulaeman sedang memasak mi instan dalam kamar kala TC di Turki jelang Piala Asia 2023.

Sontak, hal tersebut pun menuai kritikan dari para warganet.

Baca juga: Gara-gara Witan Kepergok Masak Mi Instan, Shin Tae-yong Lakukan Ini ke Semua Pemain Timnas Indonesia

Lalu, sebenarnya, apakah mi instan merupakan yang berbahaya? Begini tanggapan Ahli Gizi, Dr. dr. Inge Permadhi, SpGK(K).

Inge Permadhi mengatakan bahwa sejatinya mengkonsumsi mi instan bukanlah sesuatu yang berbahaya jika hanya dikonsumsi sesekali dan tidak menjadi makanan harian.

"Tidak bahaya, makan lebih banyak dari itu juga tidak bahaya kan? Tapi tentu itu bukan merupakan makanan yang daily atau harian. Karena itu akan mengurangi asupan bahan makanan yang baik yang diperuntukan untuk atlet," ujar Inge, saat dihubungi Tribunnews, Rabu (27/12/2023) malam WIB.

Bicara gizi untuk atlet, Inge mengatakan bahwa tentu tim asuhan Shin Tae-yong itu membutuhkan asupan lain selain karbohidrat dan lemak yang mendominasi komposisi mi instan.

Setidaknya manusia secara umum, lanjut Inge, membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

"Secara umum seorang atlet itu akan mendapatakan bahan makanan yang baik sekali. Ya memang di dalam kehidupan itu apa yang dikonsumsi itu terdiri dari tiga zat gizi, ada karbohidrat, ada protein dan ada lemak. Ada juga vitamin dan mineral, semua itu bisa diperoleh dari berbagai bahan makanan," kata Inge.

"Tapi seorang atlet itu membutuhkan spesial food. Misalnya gini, ototnya tidak boleh menjadi kecil, ototnya harus cukup dan tidak boleh terlalu kecil, kemudian dia harus mempunyai tenaga, tenaga itu diambil dari karbohidrat dan lemak. Jadi makanannya sudah dibuat komposisi dimana karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral-nya cukup.

Inge melanjutkan, jika mi instan dikonsumi oleh atlet hanya sewaktu-waktu maka hal tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi kondisi yang bersangkutan.

"Kalau sekali-kali makan mi instan, tentu saja tidak ada masalah. Karena atlet juga biasanya pembuluh darahnya bagus, antioksodan dalam tubuhnya juga bagus, jadi dia merupakan seorang yang sehat," tutur Inge.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain Timnas Indonesia dalam Pemusatan Latihan di Atalaya Turki menjelang Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain Timnas Indonesia dalam Pemusatan Latihan di Atalaya Turki menjelang Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. (PSSI.org)

Shin Tae-yong Tegur Seluruh Pemain Timnas Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat