androidvodic.com

PSSI Usahakan Jay Idzes Bisa Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 - News

PSSI Usahakan Jay Idzes Bisa Perkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Anggota Komite Eksekutif PSSI, Endri Erawan turut menyaksikan secara langsung pengambilan sumpah Jay Idzes sebagai WNI di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Endri mengaku senang akhirnya Jay Idzes kini resmi menjadi WNI dan bersiap membela Timnas Indonesia.

“Alhamdulillah pada pagi ini kita sudah berhasil untuk mengambil sumpah Jay Idzes, ini sudah kesekian kali kami menaturalisasi dan ini berkat kerja keras dari PSSI terutama Pak Ketua Umum PSSI, Wakil Ketua Umum dan juga rekan-rekan Exco atau permintaan dari Shin Tae-yong. Akhirnya Jay Idzes bisa diambil sumpah, dan setelah ini akan mengurus paspor,” ujar Endri.

Lebih lanjut, Endri turut menyayangkan pemain kelahiran Belanda 23 tahun silam itu ternyata tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2024.

Federasi sepakbola Asia, AFC menurutnya sudah menutup pendaftaran sehingga Jay tidak bisa didaftarkan.

Seperti diketahui, Piala Asia akan diadakan di Qatar pada 12 Januari – 10 Februari 2024.

“Cuma yang disayangkan, Jay tidak bisa ikut PIala Asia. Kita berharap awalnya dia bisa main di Piala Asia dan bahkan namanya sudah masuk dalam 50 list oleh coach Shin tapi apa mau dikata dari AFC sudah menutup semua pendaftaran dan kesempatan tampil di Piala Asia tertutup buat Jay Idzes,” terangnya.

Kini, PSSI mengupayakan agar pemain Venezia FC tersebut bisa tampil membela Indonesia di laga lanjutan grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret mendatang.

Seperti diketahui, pada periode Maret 2024 ada dua pertandingan yakni menjamu Vietnam (21/4/2024) dan away ke Markas Vietnam (24/4/2024).

Kemudian, di bulan Juni giliran menjamu Irak (6/6/2024) dan Filipina (11/6/2024).

“Namun kita masih berharap di bulan Maret masih ada kualifikasi Piala Dunia yang, menghadapi Vietnam dan tiga laga lainnya. Kita harap apakah mungkin bisa menambah satu pemain lagi atau dua pemain nanti di bulan Januari,” ucap Endri.

“Apakah bisa bermain itu kami masih komunikasi lagi dengan pihak AFC jika tidak memungkikan, ya mungkin di putaran berikutnaya kualifikasi pasti dia bisa main tapi kita harap pada kualifikasi nanti di bulan Maret dia bisa bermain,” pungkasnya.

Selain Jay Idzes, satu pemain lainnya yang bersiap menjadi WNI yakni Nathan Tjoe-A-On.

Nathan harusnya dijadwalkan mengambil sumpah hari ini bersama dengan Jay Idjzes, akan tetapi timnya masih belum bisa mengizinkan karena masih ada pertandingan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat