androidvodic.com

Piala Dunia 3034: Arab Saudi Mengumumkan Rencana Untuk Membangun Stadion Futuristik - News

News, RIYADH - Arab Saudi telah mengumumkan rencana untuk membangun stadion 'futuristik' di puncak tebing menjelang Piala Dunia 2034.

Arab Saudi tampaknya akan menjadi tuan rumah edisi turnamen pada tahun 2034 karena tidak ada negara lain yang akan mengajukan penawaran hak penyelenggaraan.

Tahun Ini Penentuan Tuan Rumah

FIFA akan mengkonfirmasi pilihan tersebut lebih lanjut tahun ini melalui pemungutan suara melibatkan lebih dari 200 federasi sepakbola nasional.

Sepertinya jalan mulus untuk Arab Saudi yang mengajukan penawaran Piala Dunia tanpa saingan ketika FIFA mengumumkan bahwa Piala Dunia 2030 akan dibagi antara Spanyol, Portugal, Maroko, Uruguay, Argentina, dan Paraguay.

Aturan FIFA menentukan bahwa Piala Dunia tidak dapat kembali ke satu benua selama dua siklus penawaran, mengecualikan Eropa, Afrika, dan Amerika Selatan.

Amerika Utara tidak dapat mengajukan penawaran karena Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada menjadi tuan rumah turnamen 2026.

Investasi Jutaan Dolar Demi Sepakbola

Arab Saudi telah menginvestasikan jutaan dolar ke dalam sepakbola selama 12 bulan terakhir, terutama dalam bentuk gaji pemain.

Superstar global seperti Cristiano Ronaldo dan Neymar bergabung dengan klub Saudi Pro League pada tahun 2023, sementara sejumlah pemain reguler Premier League juga bergabung.

Namun, sekarang tampaknya negara Teluk tersebut siap mengalirkan sumber daya keuangan ke dalam infrastruktur untuk momen besar: Piala Dunia 2034.

Beberapa stadion baru akan dibangun untuk turnamen tersebut, termasuk stadion canggih di puncak tebing setinggi 200 meter di dekat ibu kota, Riyadh.

Stadion Pangeran Mohammed bin Salman

Tempat duduk stadion sebanyak 45.000 kursi - yang akan dinamai Stadion Pangeran Mohammed bin Salman setelah putra mahkota kerajaan - akan memiliki atap dan lapangan yang dapat ditarik, serta dinding LED dengan ratusan meter layar.

Sebuah danau akan dibangun di bawah stadion untuk mengumpulkan air hujan guna mendinginkan sistem kondisi udara.

Arena baru ini akan menjadi inti dari proyek Kota Qiddiya, sebuah pusat hiburan, game, dan olahraga 45 km (30 mil) dari pusat kota Riyadh.

Setelah Piala Dunia, stadion baru ini akan menjadi markas Al-Nassr dan Al-Hilal, tim saat ini dari Ronaldo dan Neymar masing-masing.

Perusahaan investasi Qiddiya - dimiliki oleh Dana Investasi Publik [PIF] - mengatakan, "Venue futuristik ini bertujuan untuk memperbarui konsep stadion tradisional."

PIF mengelola sekitar 700 miliar Dolar AS dalam kekayaan berdaulat Arab Saudi dan telah menginvestasikan dengan besar-besaran dalam proyek LIV Golf dan Newcastle United."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat