androidvodic.com

Sorotan Piala Asia - Gaji Selangit Bukan Jaminan, Roberto Mancini Tak Lebih Baik dari Shin Tae-yong - News

News - Tersingkirnya Timnas Indonesia dan Arab Saudi dari Piala Asia 2023 babak 16 Besar menghadirkan sorotan yang tertuju kepada masing-masing pelatih. Gaji melimpah bukan jaminan prestasi instan.

Pelatih Arab Saudi, Roberto Mancini memiliki gaji 'sundul' langit, nyatanya tak lebih baik dari Shin Tae-yong (STY).

Hal itu dapat ditarik dari pencapaian Roberto Mancini bersama Arab Saudi yang sama-sama tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia dan Arab Saudi sama-sama berjuang di Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar.

Pelatih Arab Saudi asal Italia Roberto Mancini (tengah) memberi isyarat saat para pemain timnya melakukan peregangan saat istirahat selama pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Arab Saudi dan Korea Selatan di Stadion Kota Pendidikan di al-Rayyan, sebelah barat Doha, pada 30 Januari. 2024.
Pelatih Arab Saudi asal Italia Roberto Mancini (tengah) memberi isyarat saat para pemain timnya melakukan peregangan saat istirahat selama pertandingan sepak bola Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Arab Saudi dan Korea Selatan di Stadion Kota Pendidikan di al-Rayyan, sebelah barat Doha, pada 30 Januari. 2024. (Giuseppe CACACE / AFP)

Kedua tim pun berhasil lolos ke 16 besar dengan status yang berbeda.

Timnas Indonesia yang merupakan tim dengan skuad termuda lolos dengan status peringkat tiga terbaik usai finis ketiga di Grup D.

Adapun Arab Saudi lolos usai menjadi juara Grup F yang berisikan Thailand, Oman, dan Kirgistan.

Selama fase grup itu, Timnas Indonesia sukses membuat kejutan dengan mengalahkan Vietnam 1-0 dan memberikan perlawanan kepada Jepang dan Irak meski sama-sama kalah 1-3.

Sementara Arab Saudi menjadi juara Grup F berkat dua kemenangan atas Oman dan Kirgistan serta hasil imbang kontra Thailand.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama dengan Pratama Arhan saat sesi pre match conference kontra Australia dalam ajang Piala Asia 2023, di Doha, Qatar, Sabtu (27/1/2024).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama dengan Pratama Arhan saat sesi pre match conference kontra Australia dalam ajang Piala Asia 2023, di Doha, Qatar, Sabtu (27/1/2024). (Dok. PSSI)

Terlihat dari fase grup perjalanan Arab Saudi lebih mulus ketimbang Timnas Indonesia. Namun, pada akhirnya kedua tim ternyata sama-sama tumbang di babak 16 besar.

Timnas Indonesia gugur lebih dulu usai terbantai 0-4 dari Australia.

Baca juga: Piala Asia: Tinggalkan Lapangan Sebelum Adu Penalti Usai, Tebakan Roberto Mancini Meleset

Sedangkan Arab Saudi baru saja dipulangkan Korea Selatan pada laga 16 besar yang digelar di Stadion Education City, Ar Rayyan, Qatar, pada Selasa 30 Januari malam WIB.

Dalam laga tersebut, Arab Saudi sebenarnya tampil baik dan sempat memimpin berkat gol Abdullah Radif di menit 46. Namun, pemain pengganti Korea Selatan, Cho Gue-sung menggagalkan kemenangan di depan mata pasukan Mancini.

Skor 1-1 bertahan sampai laga berakhir dan babak tambahan pun dimainkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat