androidvodic.com

Daftar 16 Stadion Piala Dunia 2026: Terdapat di 3 Negara, Laga Final di Amerika Serikat - News

News - Daftar 16 stadion Piala Dunia 2026, laga final akan digelar di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat.

Berbeda dengan Piala Dunia 2022 Qatar, Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara, yakni Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Jadwal Piala Dunia 2026 bakal berlangsung mulai 11 Juni hingga 19 Juli 2026.

Hal berbeda lainnya juga bakal terlihat dari jumlah kontestan Piala Dunia 2026.

Diketahui, Piala Dunia 2026 bertambah sebanyak 48 negara, termasuk 8 di antaranya adalah wakil dari Asia. Sehingga membutuhkan banyak stadion untuk turnamen ini.

Dari 16 stadion itu sedikitnya akan menyajikan 104 pertandingan menarik mulai dari babak fase grup hingga partai final.

“Piala Dunia 2026 yang paling inklusif dan berdampak bukan lagi sebuah mimpi namun sebuah kenyataan yang akan terwujud dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion canggih di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat," ucap Gianni Infantino selaku Presiden FIFA, dikutip dari laman resmi FIFA.

Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) berbicara di samping presiden Conmebol, Paraguay Alejandro Dominguez (di luar bingkai), selama konferensi pers di markas Conmebol di Luque, Paraguay, pada 30 Maret 2023.
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) berbicara di samping presiden Conmebol, Paraguay Alejandro Dominguez (di luar bingkai), selama konferensi pers di markas Conmebol di Luque, Paraguay, pada 30 Maret 2023. (NORBERTO DUARTE / AFP)

Gianni Infantino juga membocorkan stadion Azteca di Meksiko akan menjadi laga pembuka Piala Dunia 2026 pada Kamis, 11 Juni 2026.

"Dari pertandingan pembukaan di Estadio Azteca yang ikonik hingga final spektakuler di New York, para pemain dan penggemar New Jersey telah menjadi inti dari perencanaan ekstensif kami untuk turnamen yang mengubah permainan ini," tambah Presiden FIFA itu.

Adapun daftar stadion Piala Dunia 2026 yang berlokasi di kota-kota Amerika Serikat meliputi New York, Dallas, Miami, Kansas City, Houston, Atlanta, Los Angeles, Philadelphia, Seattle, San Francisco dan Boston.

Baca juga: Target Shin Tae-yong Usai Piala Asia, Timnas Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Round 2

Sementara Meksiko tersaji di kota Monterrey, Guadalajara, dan Mexico City. Sedangkan Kanada terdapat di kota Vancouver dan Toronto.

Secara detail, ada 11 stadion yang berlokasi di Amerika Serikat, 3 di Meksiko dan 2 di Kanada.

Menariknya, Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko juga akan ambil adil dalam keseruan Piala Dunia 2026.

Timnas Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan memainkan tiga pertandingan fase grup Piala Dunia 2026 di kandangnya masing-masing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat