androidvodic.com

13 dari 18 Wasit Liga 1 Lolos ke Tahap Ketiga Pelatihan dan Siap Pimpin Laga dengan VAR - News

13 dari 18 Wasit Liga 1 Lolos ke Tahap Ketiga Pelatihan dan Siap Pimpin Laga dengan VAR

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Sebanyak 13 dari 18 wasit lolos ke pelatihan VAR tahap ketiga yang dilakukan oleh PT LIB dan PSSI.

Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Ratu Tisha, mengatakan, selain meloloskan 13 wasit, ada juga 22 asisten wasit yang lolos ke pelatihan tahap ketiga ini.

"Saat ini kami memiliki jumlah wasit untuk di Liga 1 adalah 18, kemudian asisten adalah 36. Tetapi, untuk saat ini yang siap untuk VAR dan lolos sampai ke tahap ketiga sebanyak 13 orang, untuk 13 wasit ditambah 22 (asisten)," kata Ratu Tisha, di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

Pelatihan implementasi teknologi pembantu wasit itu telah dilakukan oleh PT LIB sejak Juni tahun lalu.

Hasilnya, tak semua wasit atau perangkat pertandingan lolos sampai tahap akhir. Namun, Ratu Tisha mengatakan, nantinya PT LIB bersama PSSI akan kembali menggelar pelatihan serupa.

"Sisanya dari mereka akan masuk dalam batch 2, yang akan kami kursuskan juga mulai tanggal 16-26 (Maret)," ungkap perempuan berusia 38 tahun itu.

"Sehingga untuk batch 1 ini, sebanyak 13 orang wasit dan 22 asisten wasit, VAR dan AVAR kami sebutnya, itu sudah siap untuk bertugas dan akan menunggu assessment dari FIFA sebagai last assessment untuk mereka bisa kemudian melakukan pertandingan trial," paparnya.

Ratu Tisha mengungkapkan, instruktur FIFA nantinya akan meninjau pelatihan tahap akhir sebelum nantinyaa wasit-wasit tersebut bisa dilepas untuk memimpin pertandingan dengan bantuan VAR.

Rencananya, FIFA akan datang ke Indonesia antara tanggal 1-8 Maret mendatang untuk menentukan bentuk pelatihan yang akan diberikan.

"Jadi kami memastikan bahwa wasit dan asisten wasit yang akan kita lepas untuk go dengan VAR benar-benar siap," ucap perempuan kelahiran 30 Desember 1985 itu.

Tak sampai di situ, Ratu Tisha juga mengungkapkan wasit-wasit yang berada di Liga 2 juga akan mendapatkan giliran pelatihan penggunaan VAR.

Wasit dan asisten wasit yang tak lolos di di gelombang pertama nantinya akan digabung bersama perangkat pertandingan Liga 2 yang berjumlah 24 wasit dan 48 asisten wasit.

"Sehingga harapannya tahun ini di musim depan, 2024/2025, kami sudah memiliki 18 wasit yang siap, ditambah 24 wasit yang siap juga," ucap perempuan pertama yang menjadi Sekjen PSSI itu.

"Sehingga apabila ada naik-turun, itu nanti akan diambil lagi VAR license-nya dari perwasitan sendiri. Jadi sepenuhnya kami akan bersiap untuk SDM-nya," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat