androidvodic.com

Ngelotok di Premier League sampai Piala Dunia, Begini Respons Hawkeye Tangani VAR di Indonesia - News

Ngelotok di Premier League sampai Piala Dunia, Begini Respons Hawkeye Tangani VAR di Indonesia

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) bersama PSSI telah menunjuk Hawkeye sebagai penyedia teknologi pembantu wasit (VAR) di Liga 1.

Hawkeye sendiri telah memiliki banyak pengalaman dalam implememntasi VAR di dunia sepak bola.

Perwakilan Hawkeye, Sean Meaking, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan instalasi VAR di Liga Inggris, Jerman, sampai ajang FIFA, Piala Dunia.

"Hawkeyes ada di sebagian besar negara, sebagian besar liga saat ini, dan itu sangat bagus. Jadi kami sebenarnya memulainya di Australia. Itu adalah liga sepak bola profesional pertama yang menggunakan VAR dalam pertandingan profesional," kata Sean, di JSI Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024).

"Belanda, Jerman, Italia, Inggris, Amerika Selatan, FIFA. Tentu saja kami banyak bekerja dengan FIFA. Jadi kami berada di sini untuk Piala Dunia U-17 baru-baru ini. Kami juga baru saja menyelenggarakan Piala Asia di Qatar," sambungnya.

Untuk di Indonesia sendiri, Sean mengatakan bahwa sejatinya tidak ada kendala berarti dalam implementasi VAR, termasuk melatih para wasit.

Namun, lanjut Sean, untuk memahi teknis penggunaan VAR, sumber daya manusia yang dipakai memang harus sangat berkompetensi.

Oleh sebab itu, PT LIB bersama PSSI kini terus melatih para wasit dan asisten wasit di Liga 1.

"Sebenarnya penerapan VAR sangatlah berbeda. Jadi itu hanya menggunakan keterampilan yang sudah anda miliki dan mencoba untuk belajar. Lalu untuk VAR dan wasit, harus memahami kapan, kapan bisa digunakan, bisa digunakan untuk apa, berapa lama waktu yang dibutuhkan. Karena jelas inilah alasan kami melakukan semua pelatihan ini," ucap Sean.

"Jadi inilah yang dimaksud dengan pelatihan, menjadi lebih baik dan lebih cepat, tetapi juga pemahaman dan pengetahuan tentang apa yang diharapkan dan keputusan mana yang benar dan mana yang tidak. Jadi ini hanya pembelajaran dan pengalaman saja. Jadi ya, terus berkembang setiap saat," imbuhnya.

13 dari 18 Wasit Liga 1 Lolos ke Tahap Ketiga Pelatihan

Sebanyak 13 dari 18 wasit lolos ke pelatihan VAR tahap ketiga yang dilakukan oleh PT LIB dan PSSI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat