androidvodic.com

Nova Arianto Tanamkan Filosofi Sepakbola Ala Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-16 - News

Nova Arianto Tanamkan Filosofi Sepakbola Ala Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-16

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Timnas Indonesia U-16 telah memulai latihan perdana dalam pemusatan latihan (TC) tahap pertama.

Sebanyak 32 pemain tim besutan Nova Arianto itu berlatih di Lapangan B, GBK, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2024).

Ini adalah kali pertama Nova Arianto menjadi pelatih kepala di level Timnas Indonesia. Sebelumnya, juru taktik 45 tahun itu memiliki pengalaman memimpin Bhayangkara U-21.

Dalam kesempatan kali ini, Nova Arianto mengatakan bahwa dirinya ingin menanamkan sepak bola ala 'Shin Tae-yong' kepada anak didiknya.

Nova Arianto mengatakan bahwa gaya permainan yang diinginkannya tak jauh berbeda dengan apa yang Shin Tae-yong terapkan di timnas senior.

Terlebih, Nova juga sudah beberapa tahun menjadi 'tangan kanan' pelatih asal Korea Selatan itu dari berbagai timnas kelompok usia.

Nova pun ingin anak didiknya nanti bisa bermain dengan ball possession dan juga memiliki daya dobrak di lini depan.

"Itu tidak lepas dari apa yang dibawa Coach Shin, jadi bermain sepak ball possession, progresif ke depan," ungkap Nova Arianto.

Tak hanya soal filosofi, hal yang serupa dilakukan Nova Arianto kepada Timnas Indonesia U-16 adalah ketentuan ketika berlatih.

Para pemain Garuda Muda memakai kaus kaki berwarna hitam dan putih. Tergantung dengan kekuatan utama kaki mereka, hal ini serupa yang dilakukan oleh timnas senior.

Pemain akan menggunakan kaus kaki berwarna hitam untuk kaki yang dominan, sementara itu, kaki kedua akan menggunakan kaus kaki putih.

"Pastinya karena saya cukup lama dengan STY jadi memang benar sekali, kenapa dibedakan, jadi saya bisa lebih tahu kaki dominan dari mereka, apakah kaki kanan atau kiri dan itu bisa lebih memastikan," ujar Nova.

Selain hal itu, Nova Arianto pun mengaku bahwa ada beberapa filosofi permainan Shin Tae-yong yang ia bawa ke Timnas Indonesia U-16.

Tentu hal itu merupakan hal yang wajar, mengingat Nova Arianto menjadi asisten Shin Tae-yong sejak juru taktik asal Korea Selatan itu melatih Skuad Garuda.

"Pastinya ada beberapa filosofi yang saya bawa juga, termasuk dari STY juga karena kebetulan saya bersama STY juga di tahun 2019 dan bersama Coach Indra juga," kata Nova.

"Jadi ya dua progres itu yang saya masukkan di sini. Semoga apa yang diberikan Coach Shin dan coach indra bisa saya gabungkan di sini," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat